androidvodic.com

Ketika Prabowo Setuju dengan Pemikiran Anies soal Pemberantasan Korupsi di Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyetujui usulan capres nomor urut 1, Anies Baswedan mengenai penegakan pemberantasan korupsi di Indonesia. Eks Danjen Kopassus itu setujui pendapat dari Anies Baswedan.

Momen tersebut terjadi saat Prabowo memberikan sambutan dalam acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (17/1/2024) malam.

Baca juga: KPK Sebut Undang Capres-Cawapres Bukan Ingin Pansos

Dalam acara itu, Anies terlebih dahulu memberikan sambutan mengenai penguatan antikorupsi di Indonesia. Setelah itu, barulah giliran Prabowo yang memberikan sambutan.

Prabowo mengaku sepakat dengan usulan Anies bahwa penuntasan pemberantasan korupsi harus dimulai dengan kehendak politik. Yakni, kehendak politik dari para pemimpin bangsa.

"Menurut saya kehendak politik. Political will. Tadi saya sependapat dengan Pak Anies tadi, harus dari atas. Political will. kehendak politik. Kehendak politik untuk menegakkan pemberantasan korupsi dan memberi contoh," kata Prabowo.

Baca juga: Gaya Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Saat Hadiri Dialog Paku Integritas di KPK

Prabowo pun mencontohkan saat dirinya masih aktif menjadi prajurit TNI. Menurutnya, jika pemimpin memberikan contoh buruk, maka anak buahnya akan meniru lebih buruk lagi.

"Pengalaman saya di tentara, kalau pemimpin memberi contoh yang jelek, anak buahnya lebih jelek lagi. Jadi kita harus selalu memimpin dengan contoh, transparan, dan selalu menegakkan, Walaupun mungkin berat," katanya.

Lebih lanjut, Prabowo menyatakan pihaknya juga menyetunuo setiap pendapat yang disampaikan KPK dalam acara PAKU Integritas. Termasuk, kata dia, soal upaya mitigasi pencegahan dan penindakan. 

"Tetapi paling inti adalah pendekatan sistemik. Kita perbaiki sistemnya. Setelah sistem diperbaiki, dengan political will kita tindak sekeras-kerasnya, yang menyimpang dari ketentuan kita," katanya.

"Korupsi adalah yang bisa rusak Indonesia, bisa gagalkan Indonesia, runtuh dengan cepat tingkat meningkat jadi negara maju. Dan itu yang kita inginkan dan bisa kita capai. Negara kita sangat kaya, negara kita sangat potensial, negara kita sangat mungkin lompat jadi negara hebat," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat