androidvodic.com

Sri Mulyani hingga Basuki Diisukan Mundur dari Kabinet, Istana Tegaskan Para Menteri Tetap Solid - News

News - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan sejumlah menteri lain diisukan bakal mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Merespons hal itu, Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan menteri-menteri Joko Widodo (Jokowi) tetap kompak dan solid.

"Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya."

"Terkait isu yang sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak bahwa ada menteri yang siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan, tanyakan saja ke pihak-pihak yang melontarkan isu tersebut," kata Ari kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia, Ray Rangkuti, berpendapat sejumlah menteri akan mengundurkan diri selepas Pilpres 2024.

"Nanti setelah pilpres (sebagian menteri mundur). Sekarang semua masih menahan diri," ujar Ray kepada wartawan, Rabu (17/1/2024).

Lebih lanjut, dia memperkirakan menteri-menteri yang mundur kebanyakan dari PDIP dan Partai NasDem.

Sejauh ini, menurut Ray menteri-menteri dari kedua partai itu masih menahan diri karena mencegah hal yang tak diinginkan terjadi.

"Untuk sekarang mereka belum mundur dari kabinet sebab akan buruk terhadap partai maupun capres yang didukung oleh partai," ujar Ray.

Sebelumnya, sosok yang menyerukan isu mundurnya Sri Mulyani dkk ialah Ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri.

Pernyataan itu dilayangkan oleh Faisal sebagai bentuk kekecewaan atas sikap Presiden Jokowi yang tak netral pada Pilpres 2024.

Baca juga: Sosok Menteri-menteri Andalan Jokowi yang Diisukan Mundur oleh Faisal Basri, dari Kalangan Teknokrat

Dia menilai mantan Wali Kota Solo itu berpihak kepada pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini diungkapkan Faisal Basri dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

"Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Pak Basuki (Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat," ajaknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat