androidvodic.com

3 Hasil Survei Terbaru: AMIN dan Ganjar-Mahfud Saling Salip, Prabowo-Gibran Hampir 50 Persen - News

News - Tiga lembaga survei yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indikator Politik Indonesia, dan LSI Denny JA merilis hasil survei terbaru pada pertengahan pekan ini terkait elektabilitas tiga paslon capres.

Berdasarkan ketiga hasil survei tersebut, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas hampir mencapai 50 persen.

Seperti diketahui, raihan suara capres-cawapres jika mencapai lebih dari 50 persen, maka Pilpres 2024 bakal digelar satu putaran.

Hal ini tertuang dalam pasal 416 ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang berbunyi:

“Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen (lima puluh persen) dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20 persen (dua puluh persen) suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 1/2 (setengah) jumlah provinsi di Indonesia.”

Kembali lagi terkait hasil survei, capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saling salip.

AMIN lebih unggul ketimbang Ganjar-Mahfud dalam survei yang dilakukan LSI dan Indikator Politik Indonesia.

Sedangkan Ganjar-Mahfud unggul tipis dari AMIN pada survei yang digelar oleh LSI Denny JA.

Baca juga: Hasil Survei Terbaru Januari 2024: Prabowo-Gibran Terus Memimpin, Anies-Cak Imin Salip Ganjar-Mahfud

Selengkapnya berikut paparan terkait hasil survei elektabilitas tiga paslon dari LSI, Indikator Politik Indonesia, dan LSI Denny JA:

1. Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 10-11 Januari 2024, elektabilitas Prabowo-GIbran masih unggul ketimbang dua paslon lainnya.

Mereka meraih 47 persen suara dan naik sedikit ketimbang survei yang dilakukan LSI pada Desember 2023 lalu.

“Di Januari ini kami menemukan tingkat dukungan terhadap Prabowo-Gibran itu berada di angka 47 persen. Naik sedikit dibandingkan Desember lalu, awal Desember.”

“Selama sebulan, walau tidak signifikan, ada kecenderungan naik 1,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam konferensi pers lewat YouTube LSI, Sabtu (20/1/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat