androidvodic.com

Cak Imin Disarankan Tak Lagi Gunakan Gimik Monoton dalam Debat Cawapres - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Dosen Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam mengatakan bahwa cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin harus mengubah cara berdebat, dengan tidak lagi menggunakan gimik yang monoton.

Diketahui, dalam debat cawapres sebelumnya, Cak Imin kerap mengeluarkan diksi slepet hingga slepetnomics.

Baca juga: 5 Hasil Survei Terbaru Jelang Debat Cawapres, Siapa Memimpin?

"Dalam debat keempat ini, Cak Imin harus lebih percaya diri merepresentasikan spirit perubahan dengan tampil menyerang dan tidak lagi fokus pada gimmick yang monoton," kata Umam dalam pesan yang diterima Tribunnews, Minggu (21/1/2024).

Untuk Gibran, Umam menilai Gibran bakal melanjutkan strategi menyerang sebagai metode bertahan yang efektif.

"Di sisi lain, Mahfud MD harus tampil lebih trengginas, dengan persiapan materi yang lebih matang dan variatif, sehingga basis argumen yang digunakan tidak lagi-lagi mengedepankan logika hukum sebagai kepakaran utamanya, tapi lebih masuk dalam penjelasan kebijakan publik secara logik dan meyakinkan," kata Umam.

Baca juga: Seputar Debat Cawapres: Cak Imin Dimentori Anies, Yenny Wahid Temani Mahfud Latihan, Gibran?

Adapun dalam debat cawapres hari inic tema yang dinahas yakni "Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa".

Umam mengatakan bahwa kemungkinan besar Cak Imin akan mengeksploitasi isu IKN dan Food Estate yang dianggap tidak berhasil, merusak lingkungan & tidak merepresentasikan spirit sustainable development, sebagai materi serangan kepada kubu 02. 

"Di sisi lain, kubu 02 kemungkinan besar akan menyerang kubu 01 dengan isu-isu lingkungan DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan, termasuk proyek sodetan Ciliwung yang dinilai terhambat," kata dia.

Namun, Umam menilai ketajaman serangan itu kemungkinan lebih mudah dinetralisir mengingat posisi Gubernur DKI Jakarta sebelum Anies adalah Jokowi dan Ahok sebagai penggantinya. Menyalahkan Anies, maka memuat tudingan kepada Jokowi juga. "Sementara itu, kubu 03 berpotensi diserang dengan isu pembangunan Wadas yang selain tidak ramah lingkungan, juga dianggap menabrak HAM," pungkasnya.

Sebagai informasi, pada Minggu (21/1/2024), digelar di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB dengan durasi 120 menit. 

Baca juga: Cak Imin, Gibran, dan Mahfud Siap Hadapi Debat Cawapres, Disebut Bakal Seru dan Ada Kejutan

Debat kedua cawapres atau debat keempat peserta pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024 ini bakal dibuka dengan penyampaian visi misi dari cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin). 

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menjelaskan penyampaian visi misi oleh peserta pilpres dilakukan bergantian sejak debat pertama.  

Pada debat perdana, penyampaian visi misi disampaikan oleh calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, debat kedua dimulai dari calon wakil presiden nomor urut 2 Mahfud MD, dan debat ketiga dimulai dari calon presiden nomor urut 3 Prabowo Subianto. 

“Kan itu sudah diatur kapan paslon mana itu kan sudah ditetapkan rotasinya misalnya nanti debat keempat akan mulai lagi putarannya awal kan,” kata Mellaz di kantornya, Rabu (17/1/2024).  

“Jadi yang akan menyampaikan visi misi di segmen pertama itu dimulai dari paslon 1, kemudian paslon 2, kemudian paslon 3,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat