androidvodic.com

Fery Farhati Istri Anies Bagikan Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak hingga Mengatasi Kecanduan Gadget - News

News, PADANG - Istri capres nomor urut 01 Anies Baswedan, Fery Farhati membagikan tips untuk menumbuhkan minat baca bagi anak yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Pertama, Fery menuturkan, orang tua bisa mendorong anak untuk menumbuhkan minat baca dengan cara menyediakan bahan bacaan atau mengajak berkunjung ke perpustakaan.

"Minat baca itu tumbuh kalau kita tumbuhkan kebiasaannya. Caranya bisa belikan buku, bisa ajak ke perpustakaan," kata Fery di Padang, Sumatra Barat, Sabtu (20/1/2024).

Dia menceritakan, Anies Baswedan menerapkan aturan kepada anak-anaknya bila ingin menonton film yang mengadaptasi dari buku harus membaca bukunya terlebih dahulu.

Baca juga: Slank hingga Cak Lontong Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Daftar Artis di Barisan Prabowo dan Anies

Hal itu dilakukan untuk mendorong anak-anaknya agar mau membaca.

Minat baca bisa ditumbuhkan dengan lingkungan yang mendukung anak agar punya kebiasaan membaca.

Selanjutnya yakni, model yang bisa ditiru oleh anak agar gemar membaca. Model ini bisa dari orang tua atau orang sekitar.

Selain itu, kebijakan dari pemerintah yang bisa mendorong orang tua dan anak agar gemar membaca.
Fery menuturkan, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta suaminya menggencarkan budaya gemar membaca melalui program 'Baca Jakarta'.

"Harus ada juga kebijakan yang mendukung keluarga untuk melakukan hal itu. Jadi nggak bisa urusan anak itu cuma ibu dan bapak aja atau ibu dengan sekolah aja tapi tentu bagaimana pimpinan kita itu yang membuat kebijakan yang mendukung keluarga," ucap Fery.

"Minat baca itu tidak bisa anak-anak tau-tau bisa senang membaca, kalau orang tua tidak dorong, pemerintahnya tidak memberikan ruang untuk melakukan itu, dan sekolah juga harus bisa ikut aktif mendorong anak-anak untuk membaca," pungkasnya.

Hindari Kecanduan Gadget

Fery Farhati mengatakan setiap orang tua perlu menerapkan konsistensi dalam mengasuh anak untuk menghindari kecanduan gadget.

Hal ini disampaikan Fey Farhati dalam talkshow parenting bertajuk 'Menjadi Orang Tua dan Guru dengan Pola Asuh Cerdas' di Kampus Pondok Pesantren Modern Subulussalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Kritik Pemprov DKI Soal Kenaikan Tarif Sewa Gedung Taman Ismail Marzuki, Anies: Tidak Masuk Akal

"Kuncinya itu sebenarnya konsistensi, sering kali kita sebagai orang tua itu merespons situasi yang dihadapi oleh kita bersama anak kita itu tidak memikirkan dampak ke depannya tapi lebih memikirkan dampak kondisi saat ini," kata Fery Farhati.

Istri capres nomor urut 01 ini menyebut, kunci keberhasilan dalam mengasuh anak ada pada 1000 hari pertama yang merupakan kesempatan bagi orang tua untuk membangun dan menetapkan fondasi perkembangan anak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat