androidvodic.com

Mahfud MD: Orang Madura Lebih Dulu Atasi Greenflation - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD menyampaikan, orang Madura lebih dulu mengatasi greenflation atau inflasi energi hijau.

Mahfud MD menjelaskan, apa itu transformasi ekonomi ke arah yang lebih hijau atau ekonomi sirkular.

Baca juga: Ekspresi Mahfud MD saat Ditanya Gibran soal Mengatasi Greenflation

"Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan, diproduksi kemudian dimanfaatkan kemudian di-recycle," ujar Mahfud MD menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka soal greenflation saat debat di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Mahfud menambahkan, pentingnya me-recycle suatu barang sehingga tidak mengganggu ekologi. Lalu, Mahfud MD mencontohkan soal kebiasaan orang Madura.

Baca juga: Mahfud Sebut Pertanyaan Gibran Tak Layak Dijawab: Bagi Akademis Itu Recehan

"Saya punya cerita kalau bicara soal recycle soal ekonomi hijau, saya merasa berbangga sebagai orang Madura karena orang Madura yang pertama dulu mempelopori ekonomi hijau," tutur Mahfud.

Ekonomi sirkular yang dimaksud Mahfud, yakni di mana orang Madura itu yang memunguti sampah-sampah, plastik-plastik, lalu diolah kembali.

"Sehingga sebenarnya ekonomi sirkular sudah menjadi kesadaran masyarakat," terang Mahfud.

Sedangkan untuk mengatasi inflasi, ucap Mahfud, pemerintah harus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat mengatasi persoalan. Terutama, kebijakan berbasis data.

"Itu yang harus kita pahami tentang ekonomi hijau. Inflasi hijau. Nah saudara, banyak hal yang harus kita lakukan. Misalnya ukuran kemajuan ekonomi kita selalu diukur dari sekitarnya mahal, misalnya pertumbuhan, kemiskinan, ketimpangan. Ada satu ditambahkan emisi," imbuh Mahfud.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat