androidvodic.com

Makjleb Jawaban Gibran: Cak Imin Lucu, Komitmen Lingkungan Hidup Tapi Masih Pakai Botol Plastik  - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Calon wakil presiden RI (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kembali menyindir cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Kali ini, Gibran menyebut kalau Cak Imin lucu.

Pernyataan itu didasari karena Gibran melihat pendukung Cak Imin yang banyak menggunakan botol plastik di arena debat cawapres, namun, Cak Imin menanyakan kepada dirinya soal komitmen menerapkan lingkungan yang sehat.

"Gus Muhaimin ini lucu ya menanyakan lingkungan hidup, tapi kok itu pakai-pakai botol plastik itu. Padahal, saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud pakai botol kaca, itu bagaimana itu komitmennya? Itu botol plastik semua," kata Gibran dalam debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta,Minggu (21/1/2024).

Akan tetapi, Gibran tidak menginginkan kondisi itu berlarut dan justru menjawab pertanyaan sesuai dengan topik debat.

Kata Gibran, salah satu upayanya yakni dengan pemerataan pembangunan dan lingkungan, jangan ada lagi konsep semua tersentral di Jawa.

"Tapi, enggak apa-apa, kita kembali lagi ke topik ya intinya di sini kita sudah berkomitmen untuk yang namanya pembangunan tidak boleh lagi jawa sentris harus mulai Indonesia sentris," kata dia.

Baca juga: Gibran Disoraki di Debat Cawapres, Lagi-lagi Beri Pertanyaan dengan Istilah, Mahfud MD Geleng-geleng

Atas hal itu, Gibran menegaskan pentingnya pemberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) baru.

Kata dia, dalam upaya pembangunan IKN juga Cak Imin menjadi salah satu pihak yang tidak sepakat dengan pembangunan IKN.

Padahal, menurut Gibran pembangunan IKN itu menjadi salah satu cara untuk pemerataan.

"Kemarin Gus Muhaimin menolak IKN tidak apa-apa akan kita lanjutkan dan akan kita perkuat IKN itu," kata dia.

"Sekali lagi namanya pembangunan yang masif harus memperhatikan aspek lingkungan sosial dan keberlanjutannya," tukas Gibran.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI malam ini menggelar debat keempat yang diikuti oleh cawapres malam ini. Tema yang diusung didebat keempat ialah Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat