androidvodic.com

Penampilan Gibran Disebut Paling Memalukan Sepanjang Debat Cawapres, Pengamat: Kekanak-kanakan - News

News - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai penampilan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat Pilpres 2024, paling memalukan sepanjang sejarah.

Gibran, kata Pangi, mulai memperlihatkan sikap kekanak-kanakannya saat beradu argumen pada Minggu (21/1/2024) lalu.

Menurut Pangi, sebagai calon pemimpin negara, Gibran juga tidak terlihat bijaksana dalam bersikap.

Bahkan ia menunjukkan gestur yang cenderung mengejek, merendahkan dan mempermalukan orang lain.

Hal itu disampaikan Pangi kepada Tribunnews melalui keterangan tertulis, Senin.

"Sikap kekanak-kanakan, tidak bijaksana, suka merendahkan dan mempermalukan orang lain, bicara di luar konteks dan cenderung tidak nyambung serta penampilan penuh gimmick dan gestur yang cenderung mengejek menjadi tontonan paling memalukan sepanjang sejarah debat capres-cawapres di negeri ini," ungkap Pangi.

Sikap putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini terlihat jelas saat ia menggunakan istilah 'Greenflation' dalam sesi debatnya bersama Mahfud MD.

Menurut Pangi, Gibran tidak bertujuan untuk mendapatkan jawaban melainkan hanya ingin mengolok-olok Mahfud MD.

Padahal, untuk debat level seorang cawapres, mestinya Gibran fokus pada isi dan substansi daripada sekadar tebakan istilah atau singkatan asing.

"Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesan bahwa wakil presiden tersebut tidak cerdas atau tidak memiliki pemahaman dan wawasan yang luas."

"Jika itu dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa si penanya punya pengetahuan dan wawasan yang luas, maka itu adalah kekeliruan dan justru sebaliknya si penanya sedang mempertontonkan kualitas rendahan," ungkap Pangi.

Baca juga: Prabowo Subianto Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Megawati Soekarnoputri: Semoga Panjang Umur

Sikap Gibran inilah yang mengakibatkan turunnya marwah debat capres-cawapres.

Menurut Pangi, penampilan Gibran pada debat keempat Pilpres 2024  semakin menguatkan argumentasi pentingnya kematangan dan kedewasaan seorang kandidat pemimpin negara.

Gibran Kangkangi Kritikan Jokowi

Dalam debat ketiga sebelumnya, Jokowi mengkritik debat cenderung menyerang personal, bukan substansi dari masalah saat ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat