androidvodic.com

Timnas AMIN dan TPN Kompak Nilai Gibran Tak Beretika di Debat Cawapres, TKN Pasang Badan - News

News - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 pasangan Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka mendapat kritikan dari dua kubu paslon pesaingnya di Pilpres 2024 terkait penampilannya di debat keempat, Minggu (21/1/2024).

Baik Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) maupun Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menilai Gibran menunjukkan penampilan tidak pantas di debat cawapres.

Juru bicara Timnas AMIN, Muhammad Ramli Rahim mengatakan Gibran tidak patut menjadi contoh anak muda.

Ramli mengatakan, candaan Gibran kepada Cak Imin serta gimik kepada Mahfud MD memberikan kesan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak memiliki etika yang baik.

"Gibran tampil dengan etika rendahan dan tampak meremehkan, yang akhirnya membuat kata songong jadi trending di medsos," ujar Ramli kepada Tribunnews, Senin.

"Penampilannya sangat tidak memcerminkan sosok pemimpin yang seharusnya merangkul semua," sambungnya.

Menurutnya, adu gagasan tampak dari cawapres 01 dan 03, Cak Imin dan Mahfud MD.

"Itulah kenapa Cak Imin hanya menyebut Mahfud MD adalah teman diskusi menarik usai debat," ungkap Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) ini.

Aksi tiga calon wakil presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD, dalam debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Aksi tiga calon wakil presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD, dalam debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Kolase Tribunnews/cos)

TPN: Etika Ketimuran Gibran Hilang

Sementara itu dari sisi 03, Direktur Eksekutif Komunikasi Politik TPN Ganjar-Mahfud, Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan etika ketimuran Gibran hilang dalam debat keempat.

Awiek mengatakan, hal itu setidaknya terlihat melalui gimik dan gerakan tubuh atau gestur Gibran yang seakan merendahkan Mahfud.

Baca juga: Prabowo Kasih Nilai 9,9 ke Gibran Rakabuming atas Performa di Debat Cawapres Kedua

Dia menegaskan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sejatinya sosok yang memiliki kualitas.

"Ya sebenarnya Pak Gibran memiliki kualitas lah yah karena pernah menjadi kepala daerah lulusan luar negeri," kata Awiek saat dikonfirmasi, Senin (22/1/2024).

Namun, Awiek menyebut bahwa kualitas Gibran sebagai seorang kepala daerah terbantahkan dengan sikapnya dalam debat cawapres.

"Tetapi kemampuan, kualitas yang dia dimiliki, kecerdasan, kepintaran itu seolah-olah menjadi tidak berarti ketika attitude-nya agak kurang dan etiknya juga kurang lah. Sehingga yang dibicarakan itu adalah etika ketimurannya ya hilang," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat