androidvodic.com

Belum Pemilu, 8 Kotak Suara di Jakarta Pusat Rusak Dimakan Rayap - News

News, JAKARTA - Sebanyak 8 kotak surat suara di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat rusak.

Rusaknya kotak itu karena dimakan hama rayap dan ada juga yang bolong padahal belum digunakan.

"Kotak suara ada 8 yang rusak disejumlah bagian. Kerusakan di beberapa bagian kotak surat suara terjadi dimakan rayap," ucap Camat Gambir,  Andri Ferdian saat dikonfirmasi, Selasa (23/1/2024).

 
Andri Ferdian menjelaskan, kotak suara yang berbahan kardus itu disimpan di lantai dasar Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan (Gulkarmat) Jakarta Pusat di Jalan K.H Mohammad Mansyur, Duri Pulo, Jakarta Pusat. 

"Kami siasati penyimpanan logistik pemilu dengan diberikan alas di bagian bawah kotak suara untuk menjadi solusi. Alas yang digunakan berupa spanduk yang tidak terpakai," ungkapnya. 

Andri mengatakan temuan rayap itu karena ada laporan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gambir melaporkan adanya potensi kerusakan logistik pemilu akibat rayap.

"Sebelumnya juga pihak dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat mau melakukan penyemprotan hama namun ada kendala. Prosedur gedung disebut sebagai salah satu kendala," ucapnya.  

Sementara itu, Anggota PPK Divisi Logistik Gambir, Ponco Margono menjelaskan sebenarnya ada 10 kotak surat suara yang rusak. 

Namun 8 di antaranya rusak karena dimakan rayap pada bagian bawah. 

"Dua kotak lainnya itu bukan rusak karena rayap tapi rusak saat loading barang. 

Tanggal 27 Desember kita tiba dan 28 Desember kita rakit. Saat merakit itu didapati dua kotak suara bolong," ucap Ponco Margono saat dihubungi. 

Delapan kotak suara yang rusak itu setelah dua Minggu dari proses merakit. 

Pekerja merakit kotak suara Pemilu 2024 di GOR Tanah Abang, Jakarta, Minggu (24/12/2023). KPU Kota Jakarta Pusat melakukan perakitan 1.922 kotak suara dengan melibatkan sejumlah tenaga dari warga sekitar yang akan digunakan untuk pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja merakit kotak suara Pemilu 2024 di GOR Tanah Abang, Jakarta, Minggu (24/12/2023). KPU Kota Jakarta Pusat melakukan perakitan 1.922 kotak suara dengan melibatkan sejumlah tenaga dari warga sekitar yang akan digunakan untuk pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Adanya hama rayap itu karena gedung dinilai lembab dan baru disadari bahwa ada kotak suara yang dimakan rayap pada  7 Januari 2024. 

"Kami juga sudah buat berita acara penggantinya. Kotak yang rusak ini juga masih kit simpan dan belum diganti dengan yang baru. Kita juga sudah melaporkan ke KPU Jakarta Pusat," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Belum Juga Digunakan, Kotak Suara Pemilu di Jakarta Pusat Rusak Dimakan Rayap, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat