androidvodic.com

Akun Bot Bikin Kata 'Mahfud MD' Hilang di Twitter, TPN Surati Elon Musk - News

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkomunikasi dengan pihak perwakilan X (dulu Twitter) di Indonesia terkait hilangnya keyword Calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD di media sosial milik Elon Musk tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pihak X sudah melakukan pembersihan.

Kemudian, keyword Mahfud Md sudah kembali dapat ditemui di X sekira pukul 09.00 WIB kemarin.

"Saya sudah kontak ke X dan beri tahu kata kunci Mahfud itu ada yang menggerakkan bot, tapi sekarang sudah dibersihkannya. Jadi ada spending dan sekalian dibersihkan dan di jam 9 sudah recover," ujar Semuel di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Bicara Soal Rencana Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam

Diketahui, bot adalah aplikasi perangkat lunak otomatis yang melakukan tugas berulang melalui jaringan.

Bot mengikuti instruksi khusus meniru perilaku manusia tetapi lebih cepat dan lebih akurat. Bot juga dapat berjalan secara independen tanpa intervensi manusia.

Semuel menyampaikan, menurut penjelasan pihak X, keyword Mahfud Md hilang sejak Kamis (25/1) malam. Sehingga tidak dapat ditemukan ketika diketik "Mahfud Md" pada kolom pencarian media sosial X.

"Semalam itu waktu di-search, kata 'Mahfud' itu di kategori latest itu tidak muncul. Itu dari tadi malam," kata Semuel.

Berdasarkan keterangan X, lanjut Semuel, ditemukan bot spam dalam beberapa postingan yang ditemukan sekaligus menyertakan keyword 'Mahfud'.

Padahal, beberapa cuitan tidak terkait dengan Mahfud Md. Hal tersebut yang mendasari X melakukan pembersihan.

"X bilang, sudah temukan botnya, ada bot spamming, tiap tweetannya itu ada kata-kata Mahfud Mahfud terus gitu, dan kata dia tulisannya tidak layak. Jadi, sama X dibersihin dulu," terang Semuel.

Baca juga: Nama Mahfud MD Hilang dalam Kolom Pencarian X, Kominfo Ungkap Penyebabnya

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 03 Mahfud Md mempertanyakan, ketidak munculan namanya ketika dicari keyword Mahfud. Ia membalas cuitan media, yang menyampaikan tentang pencarian kata "Mahfud" tidak muncul di platform X.

"Wah, kok bisa ya @TwitterID ??? SELESAI," tulis Mahfud mengomentari akun berita nasional, Kamis (25/1/2024).

Sementara itu Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional(TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra dalam pernyataan resminya menyebut hilangnya kata 'Mahfud MD' di X/Twitter terjadi sejak muncul pernyataan mundur dari jabatan Menkopolhukam.

"Sejak pengumuman cawapres Mahfud MD mundur dari jabatan Menko Polhukam bergulir, akun X Ganjar Pranowo dan Mahfud MD seperti mendapatkan perlakuan berbeda dengan capres dan cawapres lain. Terutama akun Mahfud MD," ujar Karaniya.

Baca juga: Sindir Dinasti Politik Melalui Rekayasa Hukum, Mahfud MD: Jorok Kalau Dilakukan

Atas adanya kejanggalan tersebut TPN kemudian menyurati X/Twitter yang berkantor di Amerika Serikat(AS) untuk mendapatkan penjelasan mengenai hilangnya kata 'Mahfud MD' di kolom pencarian.

"Agar dapat segera diatasi demi terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil," kata Karaniya. (Tribun Network/nis/yud/wly)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat