androidvodic.com

Ketua PKN Anas Urbaningrum Yakin Pilpres 2024 Digelar 2 Putaran  - News

News, MAGELANG - Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) hingga saat ini belum menentukan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024.

Ketua Umum PKN, Anas Urbaningrum buka suara. Menurutnya, partai yang dinahkodainya tersebut akan menyatakan dukungan di putaran kedua Pilpres 2024.

Baca juga: Potensi Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Gabung di Putaran Kedua, Puan Maharani: Tunggu Saja

Hal itu dimaksudkan agar caleg dan kader PKN dapat melakukan penilaian secara lebih jernih dan komprehensif terhadap para calon pemimpin negara.

"Jadi pilihannya ya pilihan yang rasional, bukan pilihan loyalis buta, bukan pilihan ikut-ikutan. Itu cara cara kerja politik baru yang kami ingin tawarkan," ujar Anas di Magelang, Minggu (28/1/2024).

Partai PKN hingga saat ini juga tak melarang para kader dan calegnya untuk menyatakan dukungan terhadap capres-cawapres tertentu meski di tingkat pengurus pusat, PKN belum mengambil sikap dukungan.

Menurutnya, caleg PKN memang memiliki keragaman 'kolam politik' sehingga mereka dibebaskan untuk memilih capresnya masing-masing asal sejalan dengan program dan janji politik yang akan dilaksanakan jika terpilih.

"Jadi ada kolam politik, ada yang lebih mudah untuk bersosialisasi dengan nama nomor satu. Ada yang lebih mudah bersosialisasi dengan nomor dua, ada yang juga lebih mudah sosialisasi nomor tiga," ujarnya.

"Jadi kami memberikan keleluasaan berkreasi bagi caleg DPR, DPRD Provinsi, kabupaten kota terkait dengan Pilpres. Ya maksimalkan sesuai dengan kolam politik mu masing-masing," sambungnya.

Baca juga: Soal Koalisi 01 dan 03, Sandiaga Uno: Diputuskan Setelah Hari Pencoblosan 14 Februari 2024

Hingga saat ini, PKN belum menjalin komunikasi dengan tiga kubu peserta Pilpres 2024. 

Menurutnya, meski merupakan partai baru, PKN memiliki hubungan baik dengan ketiganya.  

"Kabeh konco (semua teman), kabeh tu konco lawas (semua itu teman lama). Yang baru itu kan cuma satu Pak Gibran saja, kalau yang lain kan biasa-biasa komunikasi ya kan," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Optimis Pilpres 2024 Digelar Dua Putaran, PKN Bakal Nyatakan Dukungan di Putaran Kedua,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat