androidvodic.com

Survei Indikator Terbaru: Prabowo-Gibran Unggul di Kalangan NU di Jatim - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres teranyar di provinsi Jawa Timur periode 14 - 19 Januari 2024.

Hasilnya paslon Prabowo-Gibran kian populer dikalangan pemilih Nahdhatul Ulama (NU) dibandingkan Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud.

"Basis Prabowo-Gibran semakin tinggi pada kelompok warga yang semakin aktif di NU. Kencenderungan memilih Prabowo-Gibran lebih tinggi yakni 61 persen," tutur peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi pada Kamis (1/2/2024).

Sementara paslon nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meraih 14,2 persen.

Baca juga: Survei Terbaru Indikator Soal Elektabilitas Parpol di Jatim: Gerindra Salip PDIP, PKB Stabil

Serta pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 17,6 persen.

"Gus Imin punya PR yang besar dan panjang karena beliau diharapkan bisa menaikan elektablitasnya di Jawa Timur. Tetapi so far dukungan di kalangan warga NU baik yang aktif atau tidak aktif itu masih jauh Tertinggal dibanding Pak Prabowo-Gibran," ujar dia.

Hal yang sama juga dialami oleh pasangan yang diusung PDIP Ganjar-Mahfud.

Elektabilitasnya dikalangan NU Jatim masuh jauh tertinggal.

"Pak Mahfud MD juga tidak terlalu punya efek besar untuk mengontrol elektabilitas Mas Ganjar di kandang Jawa Timur," jelas Muhtadi.

Adapun populasi survei ini adalah WNI di provinsi Jawa Timur yang mempunyai hak pilih, sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dalam survei sebanyak 810 orang dengan asumsi metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan margin of error sekitar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 90 persen.

Sampel berasal dari seluruh kabupaten atau kota di provinsi Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional. Respon responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Ditambahkan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, melejitnya elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur ini dikarenakan dua faktor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat