androidvodic.com

Jika Jadi Presiden, Anies Baswedan Bakal Bentuk Kementerian Kebudayaan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya bakal membentuk Kementerian Kebudayaan sebagai ruang bagi budayawan di Indonesia.

Sebab menurutnya, kekayaan Indonesia adalah justru pada kebudayaan. Anies juga menilai, kebudayaan bukan satu sektor pembangunan tapi justru seluruh kegiatan pembangunan.

Hal tersebut sebagai respon atas komersialisasi budaya dan proses deskriptif terhadap tumbuhnya kebudayaan yang responsif dalam Debat Kelima Pilpres 2024 yang disiarkan langsung melalui Kompas TV, Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Janji Anies untuk Budayawan jika Terpilih Jadi Presiden: Salurkan Sumber Daya dari Negara

"Perlu dibentuk dan kami berencana Kementerian kebudayaan yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara, untuk diberikan kepada kalangan budayawan, agar mereka tumbuh berkembang membangun karya-karya kebudayaan yang luar biasa di Indonesia," kata Anies.

Anies mengatakan, tujuan dari seluruh sektor pembangunan adalah membangun kebudayaan. Hal tersebut justru harus dikerjakan pemerintah dalam menciptakan ekosistem yang sehat.

Sehingga, para budayawan bisa menciptakan ekspresinya. Sebab dia menilai bahwa budaya itu bukan hanya dirawat, tetapi harus dikembangkan.

"Sehingga para budayawan bisa memunculkan ekspresinya dan budaya itu bukan hanya dirawat kalau dirawat seakan-akan dia warisan masa lalu saja, budaya itu harus dikembangkan sehingga terus-menerus berkembang," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat