androidvodic.com

Prabowo Kembali Setuju dengan Pendapat Anies dan Ganjar soal Pekerja Migran: Peran Aktivis Penting - News

News - Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto, kembali menyatakan setuju dengan pendapat Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam segmen ketiga debat, Prabowo kembali sepakat dengan capres nomor urut ketiga dan dua, yakni soal kesejahteraan pekerja migran Indonesia.

Prabowo setuju dalam mengatasi permasalahan pekerja migran Indonesia diperlukan keterlibatan peran para aktivis.

Hal itu, senada dengan pernyataan Anies sebelumnya dalam menanggapi gagasan yang disampaikan Ganjar Pranowo.

"Saya kok ya harus mengakui bahwa saya banyak sependapat dengan dua (capres). Semua benar, ada berapa kedutaan kita di beberapa negara kewalahan masalahnya terlalu banyak."

"Jadi benar yang disampaikan Pak Anies, aktivis ini sangat membantu, sangat membantu untuk mengikuti dan membantu pekerja migran kita," ungkap Prabowo di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024) dalam tayangan di kanal YouTube KPU RI.

Lantas, Prabowo menceritakan pengalamannya ketika mendapatkan informasi tentang seorang pekerja di Malaysia yang akan dihukum.

"Saya pernah pengalaman, diberi tahu seorang aktivis perempuan tentang seorang pekerja perempuan di Malaysia yang dua minggu lagi akan digantung. Kalau tidak ada berita dari aktivias, kita tidak bisa bantu," katanya.

Prabowo pun menyebut, peran aktivis sangat penting di bidang pembelaan hak-hak pekerja di luar negeri.

"Mereka adalah pahlawan-pahlawan," terangnya.

Baca juga: Anies: Bansos Diberikan untuk Kepentingan Rakyat, Bukan Pemberinya

Sebelumnya, capres nomor urut satu, Anies Baswedan, menyatakan pentingnya peran aktivis dalam menangani permasalahan pekerja migran di Indonesia.

"Saya berjumpa dengan para pekerja migran di Malaysia, ngobrol dengan mereka permasalahannya, datang di desa di Wonosobo, apa yang saya temukan? Memiliki kewenangan di pemerintahan tidak berarti memiliki pengetahuan tentang permasalahan. Pengetahuan siapa yang tahu? Yang tahu justru aktivis."

"Jadi, harus dilibatkan para aktivis, mereka yang mengetahui lubang-lubang masalah dalam melindungi pekerja migran," jelas Anies.

Ia menekankan, para aktivis harus dilibatkan dan berkolaborasi dengan negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat