androidvodic.com

Pengamat Soroti Penampilan Tak Biasa Anies di Debat Terakhir: Berupaya Dekati Undecided Voter - News

News - Penampilan calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan dinilai tidak seperti biasanya pada debat capres terakhir pada Minggu (4/2/2024).

Oleh karena itu, Anies dinilai tengah bermain aman, yakni dengan menggunakan kalimat-kalimat yang santun.

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menganggap, sikap Anies itu ditunjukkan saat berhadapan dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Hal tersebut, kata Adi, bisa terlihat dari kalimat yang kerap disampaikan Anies, seperti ”Pak Prabowo yang saya hormati.”

Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga tak lagi menyampaikan pertanyaan menohok atau sindirian kepada Prabowo.

Menurut Adi, Anies tidak ingin mengundang sentimen negatif masyarakat dengan menyerang secara agresif, seperti pada debat-debat sebelumnya.

Itulah sebabnya, Anies memilih untuk bermain manis.

“Anies tak ingin membangun sentimen negatif dengan tak menyerang secara agresif. Jadinya main manis,” ucap Adi, Senin (5/2/2024), dikutip dari Wartakotalive.com.

Adi pun berpendapat, sikap yang ditunjukkan Anies tersebut sebagai upayanya untuk memengaruhi konstituen yang sampai saat ini masih belum menentukan pilihan atau undecided voters.

“Persis, pemilih yang oleng sepertinya disasar Anies. Pemilih oleng ini mesti hati-hati mendekatnya,” katanya.

Padahal, menurut Adi, semestinya Anies memanfaatkan debat terakhir ini untuk menunjukkan perbedaannya dengan Prabowo maupun capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Adi pun menyayangkan sikap Anies yang bermain aman tersebut, karena kurang bersikap kritis, berbeda dari penampilan Anies pada dua debat capres sebelumnya.

Baca juga: Kubu Ganjar Soroti Penampilan 3 Capres di Debat Terakhir: Prabowo Kelelahan, Anies Banyak Pikiran

Seharusnya, kata Adi, Anies tak perlu khawatir terlihat mengkritik capres lain, asalkan penyampaian kritiknya secara elegan.

“Sebenarnya debat terakhir mestinya (Anies) gaspol. Jangan takut kelihatan mengkritik dan berbeda, yang penting elegan,” tutur dia.

Surya Paloh Apresiasi Penampilan Anies di Debat Terakhir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat