androidvodic.com

Pendukung Prabowo-Gibran: Gen Z dan Milenial Kunci Kemenangan  - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Unsur pendukung paslon nomor urut 2 Pilpres Prabowo-Gibran yakni Relawan PARIBAN (Prabowo Gibran) 02 menggelar acara Pandawa 5 Sportainment Day yang berlangsung di Pendekar Bar & Resto, Gading Serpong, Tangerang Selatan, 

Ketua Umum PARIBAN 02, Benlis Butarbutar menyebut kontribusi kaum Milenial dan Gen Z akan menjadi faktor penentu kemenangan pada Pilpres 2024

"Sektor gim e-sport dalam beberapa tahun belakang menjadi salah satu industri yang paling disorot di Indonesia. Popularitasnya bahkan kemudian melahirkan berbagai turnamen bergengsi di level nasional. Di level Sea Games, bahkan juga dihadirkan cabang e-sport untuk dipertandingkan," kata Benlis dalam keterangannya, Kamis (8/2/2024).

Benlis menyebutkan bahwa saat ini beberapa tim e-sport bermunculan dan publik akrab dengan istilah seperti pro player, yakni para pemain gim e-sport profesional yang bergabung dengan tim profesional dan melahirkan profesi baru.

Generasi Z, jelas Benlis, identik dengan hal-hal baru dan terbuka terhadap isu global, kini memiliki peran penting dalam menentukan arah Indonesia. 

Gen Z bersama dengan generasi milenial, memiliki potensi besar sebagai kelompok usia produktif yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Kesadaran mereka terhadap peran dalam pemerintahan dan partisipasi dalam Pemilu 2024 menjadi kunci untuk memaksimalkan bonus demografi ini.," ujar Benlis.

Merujuk data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Daftar Pemilih Tetap (DPT) Nasional untuk Pemilu 2024 sebesar 204.807.222 jiwa. Dari jumlah kurang lebih 55 hingga 60 persen diantaranya merupakan pemilih muda atau sekitar 106.358.447 jiwa.

Di samping itu, merujuk survei Status Literasi Digital Indonesia pada 2022 yang dilakukan Kominfo mencatat gabungan generasi Y dan Z menggunakan internet lebih dari 6 jam per hari.

Fenomena ini menimbulkan perkiraan bahwa media sosial akan memegang peranan kunci dalam pelaksanaan Pemilu 2024. 

Maka itu, Benlis melanjutkan, keikutsertaan dan dominasi Kaum Milenial dan Gen Z kali ini menjadi penentu untuk Kemenangan Prabowo Gibran dalam sekali putaran. 

Menurutnya, ini menjadi mutlak karena makin lama pemilu berlangsung maka ketidakpastian hukum juga bakal makin lama. Investasi yang bakal masuk pun menjadi tertunda.

"Saat Pemilu konsumsi memang naik, tapi investasi nggak naik meski kredit naik 8 persen. Suku bunga setengah tahun ini akan tinggi. Ketidakpastian akan terjadi, kita harus antisipasi terus menerus," kata Benlis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat