androidvodic.com

Elektabilitas Anies Masih di Bawah Prabowo, Eks Menag: Udah Ga Aneh, Survei Abal-abal - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Anggota Dewan Penasihat Tim Nasionalisme (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Fachrul Razi merespons soal hasil survei yang dikeluarkan beberapa lembaga belakangan ini.

Dimana dari beberapa hasil survei itu, pasangan Anies-Cak Imin masih berada di bawah pasangan Prabowo-Gibran.

Menurut mantan Menteri Agama RI (Menag) itu, hasil survei belakangan ini sudah tidak aneh.

"Kata siapa? Udah gak aneh lah itu, udah gak aneh gak usah kita jelaskan ya semua orang udah tau," kata Fachrul Razi saat ditemui awak media usai Guyub Bersama AMIN di Markas Timnas AMIN, Diponegoro 10, Jumat (9/2/2024).

Atas hal itu, purnawirawan Jenderal TNI itu secara tegas menyebut survei itu adalah abal-abal.

Sebab dia mengklaim, beberapa hasil survei itu kerap berbeda dengan fakta yang ada di lapangan saat dirinya mendampingi Anies Baswedan berkampanye.

"Ndak, itu kan hasil survei, ya maaf ya kita semua tau lah survei abal-abal pasti lah seperti itu ya, kalau survei sesungguhnya beda gitu," kata dia.

Baca juga: Prabowo Kesal Presiden Jokowi Dijelek-jelekan Terus: Ini Orang Mungkin Antek-antek Asing

Fachrul Razi lantas meminta agar tidak perlu mempercayai hasil survei, terlebih hal itu berbeda dengan beberapa temuan dirinya di lapangan.

"Ya pokonya kita udah tau lah, jadi ga perlu percaya hasil survei, karena paham kita lihat di lapangan aja luar biasa, beda sekali dengan apa yang disebut di survei gitu," tukas Fachrul Razi.

Hasil Survei Terbaru

Survei nasional terbaru Poltracking Indonesia pada periode 27 Januari - 2 Februari 2024, menunjukkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meraih elektabilitas tembus 50 persen, tepatnya 50,9 persen.

Menyusul di bawahnya paslon nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar 25,1 persen, dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD 18,4 persen. Sementara responden yang tidak menjawab 5,6 persen.

Survei ini merupakan simulasi surat suara 3 paslon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024 yang dirilis Poltracking Indonesia secara daring pada Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik, AMIN Fluktuatif, Ganjar-Mahfud Turun

Selanjutnya, Hasil survei tatap muka Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 28 Januari sampai 4 Februari 2024 menunjukkan potensi pemilu satu putaran meningkat untuk pasangan calon (paslon), paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meningkat.

Pendiri Indikator Politik Indonesia Prof Burhanuddin Muhtadi mengatakan dalam simulasi survei surat suara 3 pasangan calon (paslon), paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih elektabilitas sebesar 51,8 persen.

Sedangkan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih elektabilitas 24,1 persen.

Untuk paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih elektabilitas 19,6 persen.

Hal itu disampaikannya saat memaparkan hasil survei nasional bertajuk Peta Elektoral di Akhir Masa Kampanye: Satu Atau Dua Putaran? di kantor Indikator Politik Indonesia Cikini Jakarta Pusat pada Jumat (9/2/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat