androidvodic.com

Peneliti HCC Ingatkan Capres Cawapres Terpilih Harus Realisasikan Janji Kampanye Bidang Kesehatan - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Janji kampanye bidang kesehatan dari ketiga pasang calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 ini sangat berdampak bagi potensi peningkatan status kesehatan bangsa.

Untuk itu, semua janji politik bidang kesehatan dari semua paslon harus diwujudkan oleh siapapun pemenang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024..

Peneliti Health Collaborative Center (HCC) Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH mengatakan, sebenarnya semua janji kampanye kesehatan para paslon merupakan hak mendasar rakyat yang sudah sepatutnya dipenuhi negara.

Memberikan daycare, susu dan makan siang gratis serta menyiapkan 1 fasilitas kesehatan di tiap desa seluruh Indonesia adalah hak kesehatan yang diamanatkan konstitusi negara.

"Memang ini bukan semata janji kampanye, tetapi janji memenuhi hak kesehatan rakyat Indonesia. Jadi, rakyat mesti ngarep semua janji paslon bisa diwujudkan oleh siapapun presiden yang terpilih,” ungkap pengajar di Kedokteran Kerja FKUI ini.

Dikatakan Ray, rakyat harus punya keberanian untuk memanfaatkan momentum pemilu tahun ini dengan menyuarakan bahwa apapun janji kampanye terutama di bidang kesehatan dari para paslon.

Sangat penting untuk menggerakkan kesadaran masyarakat bahwa memang setelah 78 tahun Indonesia merdeka, negara belum secara mandiri memenuhi hak kesehatan, seperti intervensi gizi dan akses fasilitas dan tenaga kesehatan secara luas, adil dan merata.

Pendiri dan Ketua Tim Peneliti HCC, Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK FRSPH
Peneliti Health Collaborative Center (HCC) Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

“Kita tetap harus selalu ngarep dengan cara mengingatkan negara melalui para paslon untuk selalu memastikan komitmen pembangunan nasional adalah komitemen membangun rakyat yang sehat juga.

Dan menyediakan daycare gratis, susu dan makan siang gratis bagi anak sekolah, serta program 1 desa 1 faskes dan nakes, adalah janji politik yang harus dipenuhi negara lewat para pemimpinnya. Dan rakyat harus selalu mengingatkan pemenuhan hak mereka,” tegas Ray melalui akun sosmed instagram @ray.w.basrowi ini.

Baca juga: Jelang Pencoblosan, Ini Tren Elektabilitas Capres 3 Bulan Terakhir dari Berbagai Lembaga Survei

Dalam debat paslon utaran terakhir, ketiga capres menegaskan kembali komitmen mereka untuk memastikan kesehatan nasional dipenuhi lewat berbagai program unggulan.

Paslon 1 menjadikan penyediaan daycare gratis, paslon 2 dengan program susu dan makan siang gratis yang sangat kontroversial, serta program satu desa satu faskes dan nakes dari paslon 3.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat