androidvodic.com

Hening Cipta Ganjar dan Massa Kampanye Semarang untuk Blacius Subono, Pemeran Semar yang Meninggal - News

News - Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengajak massa kampanye akbar di Semarang, Jawa Tengah, mengheningkan cipta untuk mendoakan Blacius Subono, Sabtu (10/2/2024).

Blacius Subono adalah seniman yang berperan sebagai Semar dalam pertunjukan wayang orang pada kampanye Ganjar di Solo pagi tadi.

Ganjar mengaku terpukul atas kabar meninggalnya Blacius Subono.

"Saya hari ini merasa terharu, terpukul, karena tadi salah satu aktor yang memerankan Semar, hari ini dipanggil Yang Maha Kuasa."

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, saya mau kita semua berdoa, memohon kepada Allah Swt. semoga almarhum bisa diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ungkap Ganjar dilanjutkan ajakan hening cipta.

Dari informasi yang didapat dari Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, Subono merupakan seniman gigih.

"Pak Bono seorang aktor, dia seorang seniman yang gigih, yang Pak Rudy bilang menyiapkan persiapan ini dengan sangat baik, dengan semangatnya yang luar biasa, mudah-mudahan yang muda juga akan bersemangat," ungkap Ganjar.

Dikutip dari Tribun Solo, Subono yang memakai kostum Semar tiba-tiba terjatuh setelah adegan terakhir di Plaza Balai Kota Solo.

Peristiwa ini terjadi bertepatan dengan penyerahan wayang.

Sebagaimana ditayangkan YouTube Ganjar Pranowo, Subono tampak terjatuh ke arah Ganjar.

Baca juga: Pemeran Semar dalam Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Solo Meninggal Dunia Usai Tampil

Rekan sekaligus budayawan, S.T. Wiyono, mengungkapkan Subono masih sempat bersalaman dengan Ganjar dan Mahfud.

"Itu adegan terakhir, sudah selesai sebelumnya. Masih sempat bersalaman dengan pak Ganjar dan Mahfud kan. Saat penyerahan wayang Pak Bono jatuh dan pada kaget semua," ungkapnya.

Wiyono menyebut saat pentas suara almarhum Subono sudah terdengar parau, diduga sudah terlalu kelelahan.

Profil Singkat Blacius Subono

Blacius Subono merupakan dalang sekaligus seniman yang meninggal dunia saat kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Solo, Sabtu (10/2/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat