androidvodic.com

Survei Median: Partai Gelora dan PSI Berpotensi Masuk Senayan - News

News, JAKARTA - Hasil survei Media Survei Nasional (Median) periode 30 Januari 2024- 4 Februari 2024 menunjukkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gelora Indonesia berpotensi menembus Senayan. 

Dalam pemaparannya, peneliti senior Median, Ade Irfan Abdurrahman mengatakan, elektabilitas PSI dan Gelora mengalami kecenderungan naik menjelang pelaksana pemilu 14 Februari mendatang.

Meningkatnya elektabilitas PSI tambahnya, disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena dipersepsikan sebagai partai anak muda dan diasosiasikan dengan sosok Presiden Jokowi. 

Baca juga: Cerita Ahok usai Keluar dari Penjara, Pernah Ditawari Jadi Kader PSI hingga Minta Jabatan ke Jokowi

"Anggapan PSI sebagai partai anak muda dan partainya Jokowi, pasca diangkatnya Kaesang sebagai ketua umum, cukup  tertanam di benak publik. Sehingga mampu menggiring para loyalis Jokowi," katanya, Sabtu (11/2/2024). 

Sedangkan kenaikan suara Partai Gelora, menurutnya lebih disebabkan oleh kesadaran masyarakat terhadap janji dan program yang ditawarkan, seperti program kuliah gratis, peningkatan gizi ibu hamil, dan sebagainya. 

"Beberapa program pro rakyat yg ditawarkan Gelora ternyata cukup tertanam masuk ke benak calon pemilih," katanya. 

Adapun survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka langsung terhadap 1.100 responden yang telah memiliki hak memilih. Margin of error lebih kurang 2,95 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 

Gerindra Teratas

Dari survei tersebut, Partai Gerindra menempati posisi teratas dengan persentase mencapai 20,4 persen.

Ade Irfan Abdurrahman menyebut tingginya elektabilitas Gerindra tak lepas karena faktor efek ekor jas Ketua Umum Gerindra sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto.

"Efek ekor jas dari Prabowo membuat Gerindra pada tren positif," kata Irfan dalam konferensi pers virtual, Sabtu (10/2/2024).

Baca juga: Survei LSN: Publik Kurang Suka Capres-Cawapres Serang Lawan Secara Personal

Berikut raihan elektabilitas 10 partai berdasarkan hasil survei Median:

1. Partai Gerindra 20,4 persen

2. PDI-P 19,2 persen

3. Partai Golkar 10 persen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat