androidvodic.com

Kapolda Metro Lepas Ribuan Personel, Amankan Puluhan Ribu TPS di Jakarta dan Sekitarnya - News

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto bersama Pangdam Mayjen TNI Mohammad Hasan memimpin apel pergeseran pasukan gabungan jelang pencoblosan pada Pemilu 2024.

Apel pelepasan personel tersebut digelar di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Selasa (13/2/2024).

"Pada kesempatan apel pagi ini, telah siap 7.706 personel gabungan, terdiri dari 6.506 Polri dan 1.200 personel TNI untuk melaksanakan pengamanan pemungutan serta perhitungan suara pemilu 2024," kata Karyoto dalam sambutannya, Selasa (13/2/2024). 

Karyoto mengatakan ribuan personel tersebut akan ditempatkan di 65.495 tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta dan sekitarnya.

"Yang mana selama pelaksanaan pemilu, personel yang diploting akan digeser ke seluruh wilayah jajaran Polda Metro Jaya untuk melaksanakan pengamanan TPS," ucapnya.

Di sisi lain, personel gabungan juga disiagakan untuk melakukan antisipasi hal-hal yang bisa mengganggu keamanan dalam proses pesta demokrasi tersebut.

"Selain itu juga, terdapat personel yang disiagakan untuk mengamankan situasi kontijengsi yang siap mengamankan selama proses pemungutan dan perhitungan suara," ungkapnya.

Karyoto juga mengingatkan kepada seluruh petugas agar memperhatikan tindakan yang dilakukan, harus sesuai dengan prosedur yang ada.

Baca juga: Beredar Buletin Digital Sebut Kapolri Menangkan Paslon Prabowo-Gibran, Polri Pastikan Hoaks

Dia menekankan soal netralitas yang harus tetap dipegang teguh oleh seluruh anggota yang melaksanakan tugas.

"Hindari juga tempat-tempat sekiranya adalah bagian dari unsur tim pemenangan, salah satu paslon. Cermati tempat dimana anggota akan tinggal menginap. Atau sekedar duduk minum kopi, dan jangan berbicara yang mengarahkan dukungan atau menjatuhkan elektabilitas salah satu paslon atau partai politik," ungkapnya.

Untuk informasi, rakyat Indonesia akan berpesta demokrasi dengan mencoblos pasangan calon presiden dan wakil presiden hingga legislatifnya pada Rabu (14/2/2024).

Setelah rangkaian pencoblosan, proses penghitungan suara akan dilakukan pada hari yang sama.

Sementara, rekapitulasi suara dilakukan pada 15 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat