androidvodic.com

Magdalena, Nenek 101 Tahun Asal Kupang NTT yang Masih Semangat Mencoblos - News

News, KUPANG - Magdalena Kisek (101) menjadi pemilih tertua dalam daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS) 1 Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 14 Februari 2024.

Magdalene meringkuk kedinginan di ranjangnya di tengah derasnya hujan yang mengguyur Kota Kupang

Nenek asal Semau, Kabupaten Kupang ini kemudian dibangunkan Sin, seorng pengasuh di Wisma Bougenville Dinas Sosial UPT Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kota Kupang.

Baca juga: Nyoblos di TPS 001 Bareng Istri dan Sang Ibu, Sandiaga Uno: Hari yang Sangat Sejuk

Saat ditemui POS-KUPANG.COM, Magdalena Kisek, terbangun saat diajak bersalaman. Oma Kisek, sapaan akrabnya, yang tinggal di panti jompo Budi Agung masih tampak sehat.

Sudah 12 tahun menjadi penghuni panti jompo Dinas Sosial Provinsi NTT. Hari ini, Oma Kisek menggunakan hak suaranya dan menjadi salah satu pemilih tertua dari sekitar 20 DPT di panti tersebut.

Nenek berdarah Rote ini lahir pada 10 Mei 1923. Saat dewasa kemudian ia menikah namun tidak memiliki buah hati. Setelah sang suami meninggal dunia, ia pun memilih menikmati masa tuanya di panti jompo.

Diceritakan juga oleh teman Oma Kisek, Oma Lena (60) , Oma Kisek sosok yang rajin. Bahkan hingga usianya menyentuh angka 101 ini pun masih bisa berjalan dengan baik, mencuci piring dan merapikan pakaiannya sendiri.

Meskipun tampak sehat di usia 101 ini namun, tumpuan Oma Kasek tidak sekuat orang muda dan kemampuan pendengarannya sudah mulai menurun sehingga ketika berbicara kepadanya harus membesarkan volume suara.

Oleh karena itu, pemilu kali ini, Oma Kasek tidak mencoblos ke TPS namun petugas akan mengantarkan surat suara ke Panti Budi Agung yang juga tidak jauh dari lokasi TPS 1 Oepura, Kecamatan Maulafa Kota Kupang ini.

Baca juga: Megawati dan Keluarga Menuju TPS 053 Kebagusan Jakarta Selatan, Diantar Tarian Sirih Kuning

Ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 1 Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa Kota Kupang, Sonny Rennati mengatakan total DPT dari panti jompo Budi Agung berjumlah 20 orang dan sekitar 4 orang yang belum terlayani termasuk Oma Kisek.

"Untuk pelayanan para opa oma yang nginap di panti jompo Budi Agung kami sebagai ketua KPPS tentu akan melayani sesuai dengan aturan yang sudah diberikan kepada kita kepada kita sebagai KPPS dimana kami akan minta para saksi, para pengawas TPS, para Linmas untuk mengawali pergi melayani para opa oma yang dalam kondisi tidak bisa datang ke TPS," jelas Sonny.

Ia juga menyampaikan, sesuai pantarlih pada tahun 2023 ada sekitar 50-an para lansia dari Budi Agung yang terdaftar akan memperoleh hal suara tetapi l, seiring berjalannya waktu ada para lansia yang meninggal dan kembali ke kampung. Sehingga pada hari ini terlayani sekitar 20 orang dari total DPT sebanyak 272 di TPS 1 Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang ini.

Kali ini TPS bagi para lansia pun digabungkan dengan pemilih umumnya namun tetap didampingi para petugas KPPS saat melakukan pencoblosan. (dhe)

Berita ini telah tayang di Pos Kupang berjudul:

Nenek Usia 101 Tahun Jadi Pemilih Tertua di TPS 1 Oepura Kota Kupang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat