androidvodic.com

Pemilih di Tasikmalaya Buat Pesan Khusus di Surat Suara: MOAL DAEK NYOLOK GRATISAN. MINIMAL SEMBAKO - News

News, KOTA TASIKMALAYA - Seorang pemilih di Tasikmalaya, Jawa Barat meninggalkan pesan khusus pada surat suara saat pencoblosan Pemilu 2024.

Tidak diketahui, siapa pemilih yang menempelkan pesan tersebut dan tentunya surat suara tersebut dianggap tidak sah.

Pada surat suara DPR RI Dapil Jawa Barat XI, pesan tersebut berbunyi ‘MOAL DICOLOK EUWEUH DUITAN MANEHNA DIGAJI 5 TAHUN UNGGAL BULAN, ARI AING NU NYOBLOSNA MEUNANG …” artinya ‘tidak akan dicoblos, tidak ada uangnya. Mereka digaji 5 tahun tiap bulan, sementara saya yang nyoblosnya cuma dapat …”.

Sementara pada surat suara DPD RI Dapil Jawa Barat, pesan tersebut berbunyi ‘MOAL DAEK NYOLOK GRATISAN. MINIMAL SEMBAKO JEUNG AMPLOP. HAHAHA’ yanga artinya ‘tidak mau nyoblos gratisan. Minimal sembako dan amplop. Hahaha,’.

Hal unik ini terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) 009, Kampung Cicurug, RT 3/RW 5, Kelurahan Cikalang, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu (14/2/2024).

Pada saat perhitungan surat suara Calon Legislatif (Caleg), anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) lah yang menemukan dua buah pesan yang ditempel oleh pemilih itu.

Baca juga: Penampakan Uang Ratusan Juta yang Hendak Dibagikan Dua Timses Caleg di Manado saat Serangan Fajar

Ketua TPS 009, Hilmi Mubarok mengatakan, bahwa pesan seperti itu hanya ditemukan pada dua surat suara di TPS-nya tersebut.

“Belum ditemukan lagi. Sementara, ya pesan itu di dua surat suara barusan. Surat suara DPR RI Dapil Jawa Barat XI sama DPD RI Dapil Jawa Barat,” ungkapnya kepada TribunPriangan.com di sela-sela perhitungan suara pada Rabu (14/2/2024) malam.

Sedangkan untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden, tambah Hilmi, tidak ditemukan pesan semacam itu.

“Kalau (surat suara) Presiden bersih. Semua surat suara yang dihitung pada dicoblos. Enggak ada yang tempeli pesan atau semua aneh-aneh. Semua yang punya hak pilih nyoblos di TPS kami,” jelasnya.

Baca juga: Pria Mabuk di Bombana Sultra Berulah di Hari Pencoblosan, Ngotot Masuk TPS Pakai Motor

Diketahui, di TPS 009 ini terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 257.

“Tapi yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 233 orang,” pungkas Hilmi. (*)

Laporan Jurnalis TribunPriangan.com, Aldi M Perdana

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul ‘Moal Dicolok, Euweuh Duitan’, Pemilih Asal Tasikmalaya Tempeli Pesan di Surat Suara Caleg, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat