androidvodic.com

4 Politisi yang Terancam Gagal ke Senayan Meski Suaranya Berlimpah, Ade Armando hingga Grace Natalie - News

News, JAKARTA - Hasil real count Pileg 2024 yang dihitung Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan sejumlah fakta mengejutkan.

Tak hanya nama-nama besar yang justru sepi suara di Pileg 2024 ini tapi juga mereka yang memperoleh suara banyak tapi tetap terancam gagal ke Senayan.

Alasannya tak lain, partai yang jadi kendaraan para caleg ini justru diprediksi gagal menembus ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

Ambang batas parlemen atau parliamentary threshold adalah syarat bagi partai politik untuk bisa masuk ke parlemen.

Parliamentary threshold digunakan untuk menentukan jatah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bagi partai dengan perolehan suara minimal 4 persen.

Berikut ini sejumlah nama yang punya suara tinggi tapi terancam gagal ke Senayan.

1. Liliana Tanoesoedibjo

Keluarga anggota pengusaha sekaligus Ketua Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo beramai-ramai menjadi calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024.

Misalnya, Hary Tanoe yang maju di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III dan istrinya, Liliana Tanoesoedibjo bertanding di Dapil DKI Jakarta II.

Kemudian si sulung, Angela Tanoesoedibjo maju di Dapil Jatim I. Kemudian adiknya, Valencia Tanoesoedibjo menjadi caleg di Jakarta III.

Anak ketiga dan keempat Hary Tanoe yaitu Jessica Tanoesoedibjo dan Clarissa Tanoesoedibjo, masing-masing tercatat menjadi caleg di Dapil NTT II dan Dapil Jawa Barat I.

Terakhir, ada si bungsu, Warren Tanoesoedibjo yang ikut memperebutkan kursi DPR di Dapil Jawa Tengah I.

Dari ketujuh anggota keluarga Hary Tanoe, 'baru' Liliana Tanoesoedibjo-lah yang meraih suara tertinggi.

Liliana yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II, sejauh ini suaranya mencapai 18.886 suara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat