androidvodic.com

Tim Medis RSUD Tamansari Perkirakan Masa Penyembuhan Gangguan Jiwa Ringan 3-5 Hari - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari dr Ngabila Salama meminta kepada masyarakat termasuk para calon anggota legislatif (caleg) gagal yang merasa depresi untuk segera berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Pasalnya kata Ngabila, jika pengobatan bisa ditangani dengan cepat maka waktu penyembuhan tidak perlu lama.

"Pada keluhan ringan dan terkontrol akan diberikan perawatan sampai dengan sembuh biasanya sekitar 3-5 hari atau bisa lebih cepat," kata Ngabila kepada awak media di RSUD Tamansari, Selasa (20/2/2023).

Sementara jika masalah gangguan jiwa yang dialami sudah terlanjur berat, maka penyembuhannya kata dia, akan memakan waktu yang lama.

Bahkan bukan tidak mungkin, kebutuhan rawat inap juga akan ditempuh pihak medis ke rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih lengkap.

"Pada gangguan lebih akut dan berat akan dirujuk ke RS yang lebih tinggi dan fasilitas lengkap dan fasilitas ranap (rawa inap, red) lebih lengkap," ujar dia.

Baca juga: RSUD Tamansari: Cemas Hingga Impulsif Jadi Gangguan Jiwa yang Dikeluhkan Masyarakat Usai Pencoblosan

Ngabila membeberkan, pihaknya dalam hal ini RSUD Tamansari juga sudah beberapa kali merawat pasien yang mengalami gangguan jiwa berat.

Kata dia, salah satunya yakni skizofrenia dan bipolar.

"Kasus gangguan jiwa yang pernah di rawat inap di RSUD Tamansari antara lain, skizofrenia terkontrol, skizoafektif, bipolar, gangguan mental organik," kata dia.

Atas hal itu, Ngabila meminta kepada publik termasuk para caleg untuk segera datang ke ahli psikologi atau psikiater jika mengalami gejala gangguan jiwa tersebut.

Hal itu penting kata dia, agar penderitaan soal gangguan jiwa tidak makin berat yang justru merugikan diri sendiri.

Baca juga: Tim Medis Minta Masyarakat Termasuk Caleg Tak Malu Konsultasi Jika Alami Gangguan Jiwa

"Segera datang ke ahli psikolog atau psikiater baik secara online atau offline sebagai bentuk self love dan agar tidak masuk ke gangguan jiwa yang lebih berat (dapat mengancam jiwa, pengobatan jangka panjang atau seumur hidup)," kata dia

Sebelumnya, RSUD Tamansari telah menerima sebanyak 95 orang pendaftar konsultasi kejiwaan usai hari pencoblosan dilakukan atau pada 14 Februari kemarin.

Dari jumlah tersebut 12 orang diantaranya merupakan tim sukses calon anggota legislatif (caleg) yang berlaga pada pileg kemarin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat