androidvodic.com

Hanya 2 Menteri PDIP yang Hadir di Pelantikan Hadi Tjahjanto dan AHY, Ini Respons Azwar Anas - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sekaligus kader PDIP Azwar Anas tidak berkomentar banyak soal jumlah menteri PDI Perjuangan (PDIP) yang menghadiri pelantikan dua menteri baru di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Adapun kedua menteri yang dilantik itu yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pantauan di lokasi, hanya ada dua menteri dari PDIP di Kabinet Indonesia Maju yang hadir di Istana Kepresidenan, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Azwar Anas.

Azwar Anas mengaku dirinya diundang sebagai menteri di bawah koordinasi Menko Polhukam.

"Kami diundang karena memang di bawah Kemenko Polhukam. Ini kan menteri terkait yang dilantik hari ini yang di bawah Menko Polhukam," ucap Azwar, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Absen Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR, Moeldoko Ternyata Sedang Jadi Pembicara di Sri Lanka

Sebagai informasi, menteri-menteri di bawah Kemenko Polhukam meliputi Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menpan RB, Kejaksaan Agung, TNI dan Polri.

Sementara itu, Menteri ATR/Kepala BPN berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Adapun Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang juga berasal dari PDIP dan di bawah koordinasi Menko Polhukam terlihat tidak hadir dalam pelantikan Hadi Tjahjanto dan AHY.

Baca juga: Apa motif politik Jokowi mengangkat AHY masuk dalam kabinetnya?

"Saya tidak berkomentar soal itu. Yang lain saja," ujarnya.

Namun, Azwar tetap mengucapkan selamat kepada AHY dan Hadi Tjahjanto atas jabatan barunya di sisa pemerintahan Jokowi-Maruf Amin sekitar delapan bulan ini.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua orang menteri yang akan membantunya dalam pemerintahannya bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Pelantikan para menteri negara sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/PTahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Keppres tersebut ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 20 Februari 2024.

Adapun dua menteri yang dilantik adalah Hadi Tjhajanto sebagai Menteri Koordinator bidang Polhukam serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat