androidvodic.com

Kantor KPU Yahukimo Papua Diserang Massa Pendukung Caleg yang Minta Penghitungan Ulang - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, PAPUA - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, diserang sejumlah massa salah satu kandidat calon legislatif (caleg) pada Minggu (3/3/2024).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 18.16 WIT saat massa caleg berunjuk rasa meminta untuk digelar pemungutan suara ulang (PSU).

“Kejadian bermula ketika salah satu perwakilan Partai selesai menyampaikan hasil mediasi dengan pihak KPU Kabupaten Yahukimo kepada massa pendemo,” ucap Benny dalam keteranganya, Senin (4/3/2024.

Baca juga: Dua remaja Papua ditangkap sebagai saksi usai penembakan pesawat di Yahukimo, tindakan aparat disebut ‘merendahkan derajat manusia’

Massa yang saat itu hendak membubarkan diri, tiba-tiba kembali datang dan langsung melakukan penyerangan dengan melempari batu ke arah personel gabungan TNI-Polri.

“Personel gabungan yang berjaga dipintu masuk langsung melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan massa,” jelasnya.

Dalam insiden itu, satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) bernama Harun Seip (36) menjadi korban luka robek pada kepala sebelah kanan akibat lemparan batu.

“Korban telah dievakuasi menuju RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto, mengatakan sampai saat ini personel gabungan TNI-Polri melakukan pengamanan di Kantor KPU Kabupaten Yahukimo guna mencegah aksi lanjutan.

“Saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamanan di Kantor KPU Yahukimo dan melaksanakan patroli di seputaran Kota Dekai untuk mencegah adanya serangan susulan dari massa pendemo,” tutur Heru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat