androidvodic.com

Suara PSI Meroket dalam Sirekap KPU, Pengamat Sebut Perlu Ada Investigasi - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Perolehan suara sementara hasil pemilu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir.

Pengamat politik UIN Jakarta Adi Prayitno menilai, publik melihat dengan penuh curiga hal tersebut.

Hal ini lantaran sangat anomali dibandingkan dengan partai yang lainnya.

"Hanya PSI yang naik signifikan, sementara yang lain kandai cenderung stagnan," kata Adi saat dihubungi News Senin (4/3/2024).

Secara logika politik, Adi menjelaskan jika data sudah masuk di atas 60 persen, naik turunnya perolehan suara partai atau pun caleg biasanya datar, tak ada lonjakan-lonjakan yang signifikan.

"Ini yang perlu diinvestigasi untuk mengetahui datanya secara akurat agar semua transparan," ucap Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.

Baca juga: Koalisi Masyarakat Sipil Nilai Ada Penggelembungan Suara PSI, KPU: Jangan Terpaku Angka Tapi Foto C1

Namun, lanjut dia, mungkin juga data suara PSI naik signikan itu karena suara yang diinput di Sirekap berasal dari basis-basis PSI, misalnya Jakarta, sebagian di Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Tapi di luar itu basis PSI lemah dan di Sirekap potensial stagnan atau menurun persentasenya.

Baca juga: Suara PSI meledak - Kesalahan sistem Sirekap, kewajaran atau ada kesengajaan menggiring suara ke partai tertentu?

"Dan yang paling penting real count KPU versi Sirekap itu bukan hasil resmi perolehan suara. Yang resmi tetaplah hitung manual yang saat ini penghitungannya masih berjenjang dari tps, kecamatan, dan seterusnya. Karenanya publik harus mengawal hasil manual ini," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat