androidvodic.com

Anggota Fraksi PDIP Minta IPW Jawab Keraguan Rakyat soal Pelaporan ke Ganjar Ada Unsur Politis - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI fraksi PDIP, I Wayan Sudirta meminta Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menjawab keraguan masyarakat mengenai integritasnya ketika melaporkan calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebab, Sugeng merupakan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bogor, partai pendukung capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Wayan mengatakan, Sugeng harus bisa memastikan kepada masyarakat bahwa pelaporan tersebut tidak ada unsur politis.

"Sekarang bagaimana masyarakat memberikan penilaian objektif atas laporan ini, bagaimana pelapor harus siap menjelaskan bahwa tidak ada unsur-unsur subyektif dan politis di dalam laporan itu," kata Wayan kepada News di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Namun, kata dia, semua pihak harus menghargai segala pelaporan dalam rangka penegakan hukum.

"Cuma kita berharap laporan itu didukung oleh data, berdasarkan aturan dan untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan yang lebih sempit. Apalagi dikait-kaitkan dengan rivalitas politik mislanya," ujar Wayan.

Wayan juga meminta semua pihak untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap pelaporan ini.

"Kan pak Ganjar kan sudah membantah, tinggal sekarang mekanisme di KPK seperti apa," ucapnya.

Dia pun percaya pada integritas KPK dalam menangani seluruh laporan dan tidak bisa diintervensi siapapun.

"Saya punya sisa-sisa kepercayaan yang memadai untuk percaya bahwa KPK tidak bisa ditekan, tidak bisa dijadikan alat politik, tidak akan menerima pesanan apapun termasuk kalau ada laporan seperti ini. Saya percaya mereka punya mekanisme," tegas Wayan.

Wayan menjelaskan, mantan Gubernur Jawa Tengah itu adalah sosok yang bersih dan memiliki integritas.

"Saya yakin sebagai aktivis sejak muda, dia (Ganjar) sudah paham terhadap liku-liku kehidupan dan pola-pola laporan seperti ini. Dan selama ini di berbagai isu dia selalu bisa mengclearkan masalah dengan kemampuannya yang luar biasa," imbuhnya.

Sebelumnya, KPK menerima laporan terkait dugaan penerimaan gratifikasi Direktur Utama Bank Jateng periode 2014-2023 Supriyatno dan Gubernur Jateng periode 2013-2023 Ganjar Pranowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat