androidvodic.com

Pengamat: Meski Sah, Jokowi Bakal Dicap Haus Kekuasaan jika Seluruh Keluarganya Ikut Kontestasi - News

News - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai sah-sah saja jika seluruh anggota keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut kontestasi.

Hanya saja, publik tentu akan menilai bahwa Jokowi haus kekuasaan.

Hal itu diungkapkan Dedi saat merespons kabar menantu Jokowi sekaligus istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, maju sebagai bakal calon Bupati Sleman di Pilkada 2024

"Risiko yang akan terbangun adalah Jokowi (akan dinilai) haus kekuasaan," kata Dedi pada Senin (11/3/2024) dikutip dari WartaKotaLive.com.

Publik, lanjut Dedi, akan kecewa jika partai pengusung lebih mementingkan popularitas daripada kapasitas dalam memilih calon pemimpin daerah.

"Meskipun setiap parpol akan mendahulukan peluang seseorang dari sisi popularitas, tetapi publik tentu akan dikecewakan jika kapasitas tidak dijadikan rujukan," ujar Dedi.

Bahkan, menurut Dedi, hal tersebut juga akan berdampak pada partai politik itu sendiri.

"Partai pengusung bisa saja kehilangan kepercayaan publik jika Jokowi nanti tidak lagi miliki kekuasaan," jelas Dedi.

Dedi menilai situasi tersebut membuat partai politik melambung dalam waktu singkat dan juga turun dalam durasi singkat.

Seperti diketahui, Erina Gudono saat ini tengah dilirik Partai Gerindra untuk masuk ke dalam bursa kandidat calon bupati dalam Pilkada Kabupaten Sleman 2024.

Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana menyebut rencana itu dibahas dalam mekanisme DPC hingga ke DPD pusat.

Baca juga: Respons PKS, Demokrat, dan Golkar soal Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada Sleman 2024

"Semua itu kan ada wacana-wacana, terutama internal dulu yang diajukan lalu memandang yang lain. Nanti kira-kira survei masuk atau tidak," ujar Sukapta.

Dari segi usia berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi UU, usia Erina sudah masuk kriteria.

Profil Erina Gudono

Dikutip dari Tribunnewswiki.com, Erina Sofia Gudono, lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, pada 11 Desember 1996.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat