androidvodic.com

Detik-detik Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Caleg PPP dan PSI Terancam Tak Lolos ke Senayan - News

News, JAKARTA -  Malam ini, Rabu (20/3/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengumumkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 setelah waktu berbuka puasa.

"Mungkin kalau waktu (pengumuman) definitifinya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah puasa, ya waktu berbuka, semacam itu," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu siang.

Mellaz menuturkan tersisa dua provinsi yang akan melakukan rekapitulasi suara pada hari ini yakni Papua Pegunungan dan Papua.

Diperkirakan sore ini sebanyak 38 provinsi akan selesai hasil rekapitulasi perhitungan suara di KPU.

Baca juga: Perbandingan Suara Anies Baswedan Versi Rekapitulasi KPU dengan KawalPemilu di 35 Provinsi

Namun sejauh ini ada dua partai politik yang terancam tidak akan mengirimkan wakilnya ke Senayan sebagai Anggota DPR RI.

Dua parpol itu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

PSI Mungkin Tak Lolos

Hingga menjelang pengumuman hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (20/3/2024) ini, PSI baru memperoleh 2,79 persen.

Dengan demikian PSI butuh 1,21 persen suara lagi untuk menembus ambang batas parlemen/parliamentary threshold (PT) 4 persen pada Pileg DPR RI 2024.

Hingga siang ini, sudah 36 provinsi yang sudah menyelesaikan rekapitulasi suara.

KPU masih melakukan rekapitulasi untuk dua provinsi yang masih tersisa yakni Provinsi Papua dan Papua Pegunungan.

PSI butuh keajaiban untuk menambah 1,21 persen suara dari dua provinsi tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, hasil penghitungan suara hingga kemarin, PSI mendapatkan 4.190.779 suara dari total 82 daerah pemilihan (dapil).

Dibandingkan dengan jumlah suara sah Pileg DPR RI 2024 di 36 provinsi yang mencapai 150.034.514 suara, PSI hanya meraup 2,79 persen suara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat