androidvodic.com

Ridwan Kamil Umumkan Maju Pilgub Jawa Barat atau Jakarta pada Bulan Juni - News

News, BANDUNG - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan mengumumkan masa depan politiknya pada Juni 2024 menghadapi Pilkada 2024.

Ridwan Kamil masih menimbang-nimbang antara kembali maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar atau, bertarung di Pilgub DKI.

"Nanti bulan Juni saya putuskan. Sekarang masih sama, hati tetap berat ke Jabar tapi saya tidak menutup kemungkinan ke Jakarta, keputusan akhirnya nanti di bulan Juni," ujar Ridwan Kamil, seusai buka bersama TKD Jabar, di Hotel Horison, Kota Bandung, Sabtu (23/3/2024).

Baca juga: Bicara Peluang Jokowi Jadi Ketua Umum Golkar, Idrus Marham Ungkit Posisi Ridwan Kamil Jadi Waketum

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku, masih menakar peluangnya melalui survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga, sambil terus meningkatkan elektabilitas untuk memudahkan koalisi dengan partai lain.

Setelah memutuskan masa depan politiknya pada Juni 2024, kata dia, bulan selanjutnya akan memutuskan partai mana saja yang diajak berkoalisi untuk mengusungnya sebagai calon kepala daerah.

"Gini, pencoblosan bulan November, mulai kampanye September, pendaftaran bulan Agustus, perjodohan di bulan Juli, PDKT di bulan Juni, gitu. Jadi, sekarang sampai ke Juni tingkatkan elektabilitas supaya pas PDKT dengan siapapun nyambung," ucapnya.

Emil pun belum dapat memastikan, apakah nantinya akan menjalin koalisi dengan partai yang sama saat Pilpres atau malah membuat koalisi baru. Berkaca pada pengalaman, kata dia, koalisi Pilpres sulit kembali terjalin saat Pilkada.

"Koalisi di Pilpres idealnya menjadi koalisi permanen, karena hubungan ketua partainya kan sudah solid, ekosistem sudah terbangun," katanya.

Baca juga: Pengamat Prediksi Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Sahroni, dan Kaesang akan Tempur di Pilgub Jakarta

"Kalau ternyata kesempatan Pilkadanya juga ada pasangan yang kuat dan menjanjikan dalam koalisi 02 tentu itu menjadi pilihan utama," ucap Ridwan.

Berita ini telah tayang di Tribun Jabar berjudul: 

Ridwan Kamil Akan Umumkan Maju Pilkada pada Juni 2024, Nyalon Jadi Gubernur DKI Jakarta atau Jabar?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat