androidvodic.com

Bocoran Curhatan AHY ke Prabowo Subianto soal Perolehan Kursi DPR Demokrat yang Turun - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan keluhannya kepada capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto soal hasil Pemilu 2024 yang didapatkan Partai Demokrat.

Kepada Prabowo, AHY menyatakan kalau partai yang dipimpinnya itu mengalami peningkatan perolehan suara di Pileg 2024.

Namun, di samping mengalami peningkatan suara, perolehan kursi Partai Demokrat di DPR RI justru menurun dibandingkan Pileg lalu.

"Sebagaimana yang telah kami laporkan kepada Bapak, pada pertemuan kita sebelumnya, meski Partai Demokrat mengalami kenaikan suara secara nasional, tetapi, kami kehilangan sejumlah kursi di DPR RI," kata AHY saat silaturahmi sekaligus buka puasa bersama Partai Demokrat dengan Prabowo Subianto di Kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

AHY meyakini, faktor paling besar kondisi itu terjadi karena adanya praktik politik uang.

Hanya saja, AHY tidak membeberkan secara rinci apa yang dimaksudnya dan wilayah mana saja yang diyakini AHY mengalami vote buying tersebut.

"Salah satu faktor utama, yang paling signifikan menjadi penyebab hilangnya kursi kami, adalah maraknya vote buying atau politik uang di luar nalar kita semua," ujar AHY.

Meski begitu, AHY mengaku merasa sedikit santai dengan misi yang dibawa Prabowo Subianto dalam pemerintahan ke depan setelah dilantik.

Prabowo kata Menteri ATR/BPN itu, memiliki fokus untuk memperbaiki sistem pemilu yang ada di Indonesia.

"Tetapi saya begitu lega, ketika mendengar respons dari Pak Prabowo, bahwa Bapak juga memiliki concern yang sama. Bahkan, Pak Prabowo bertekad untuk secara serius melakukan perbaikan sistem Pemilu kita ke depan," tukas dia.

Sebelumnya, Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief merespons soal perolehan suara yang diterima Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 kemarin.

Kata dia, Partai Demokrat mendapatkan kenaikan dalam perolehan suara dibandingkan pada Pemilu 2019 lalu.

Hal itu, menurut dia tidak lepas dari peran dan tanggung jawab Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum Partai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat