androidvodic.com

Prediksi Palagan Cak Imin Vs Khofifah di Pilgub Jatim, Pengamat Ingatkan Masalah Elektabilitas - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin memprediksi, Khofifah Indar Parawansa, bakal menjadi lawan berat Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, jika keduanya maju berkontestasi pada pilgub Jawa Timur 2024

Sebab, status Khofifah yang merupakan incumbent dan juga juru kampanye Prabowo-Gibran di Jawa Timur, bakal jadi batu sandungan Cak Imin memenangkan kompetisi pilkada.

Sementara itu, Cak Imin yang menjadi cawapres dari Anies Baswedan di pilpres 2024 pun harus menelan kekalahan dari Prabowo-Gibran.

"Persoalannya tidak sesederhana yang dibayangkan, kenapa? Karena lawannya nanti bu Khofifah yang incumbent," kata Ujang kepada News, Rabu (27/3/2024).

"Dan kita sama-sama tahu juga di pilpres Cak Imin bergabung dengan 01 itu juga kalah dengan Prabowo-Gibran, di mana ketua tim di Jawa Timur ada Khofifah," imbuhnya.

Lantas, bagaimana peluang Cak Imin bisa menang? Dikatakan Ujang, hal itu sangat bergantung dengan tingkat elektabilitas dan popularitas.

"Cak Imin berapa elektabilitasnya untuk jadi calon gubernur, dan lawan politiknya berapa, kan akan kelihatan di situ," ujarnya.

Muncul Aspirasi Kader Akar Rumput Inginkan Cak Imin Maju Pilgub Jatim, Begini Respons DPP PKB

Diberitakan sebelumnya, muncul aspirasi dari kader akar rumput yang mendorong Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, maju pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur 2024.

Bendahara DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur Fauzan Fuadi mengungkapkan, aspirasi itu meluas di kalangan internal PKB Jatim setelah isu itu muncul.

"Aspirasi dari internal setelah munculnya isu tersebut memang mulai meluas," kata Fauzan saat dikonfirmasi News, Rabu (27/3/2024).

Fauzan menyebut, tak hanya di kalangan internal PKB, para elite parpol lain di Jatim juga menyuarakan Cak Imin untuk maju Pilgub Jawa Timur.

"Yang menarik justru dorongan dari eksternal. Ada beberapa elit parpol di Jatim yang turut mewacanakan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat