androidvodic.com

Momen Hakim MK Tanyai Menteri: Kenapa Jokowi Sering Kunker ke Jateng, Dananya dari Mana? - News

News, JAKARTA - Hakim konstitusi Saldi Isra bertanya kepada empat menteri yang hadir di sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ihwal kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Berdasarkan dalil permohonan pihak Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, Saldi menyoroti beberapa wilayah yang kerap lebih sering dikunjungi Jokowi dibandingkan tempat lainnya. 

"Jadi kami harus menanyakan, apa sih kira-kira yang menjadi pertimbangan presiden memilih misalnya ke Jawa Tengah (Jateng) itu lebih banyak kunjungannya dibandingkan ke tempat lain?", tanya Saldi Isra dalam ruang sidang, Jumat (5/4/2024).

"Ini yang berkaitan dengan kunjungan yang ada pendistribusian bansosnya, itu yang didalilkan oleh pemohon," ia menambahkan. 

Para hakim berharap para menteri dapat memberikan jawaban guna mempermudah pihaknya memutuskan apakah dalil para pemohon ini benar atau tidak.

Selain itu, asal alokasi dana dalam segala kunjungan Jokowi juga ditanya oleh Saldi Isra dan diharapkan dapat dijawab oleh para menteri

"Alokasi dana yang dibawa untuk kunjungan-kunjungan presiden itu yang dari mana saja? Pak menko dan ibu menteri, ini satu yang terkait langsung dengan permohonan yang diajukan kedua pemohon," ujar Saldi. 

Baca juga: Hakim Arief Hidayat: Pilpres 2024 Lebih Hiruk Pikuk Karena Pelanggaran Etik dan Cawe-cawe Jokowi 

Sebagai informasi, empat menteri dalam jajaran kabinet Presiden Jokowi hadir dalam PHPU hari ini.

Masing-masing menteri diberi kesempatan untuk menyampaikan keterangan 20 hingga 25 menit.

Setelah itu dilanjutkan dengan hakim konstitusi melakukan pendalaman dan memberikan pertanyaan.

Adapun empat menteri yang dihadirkan hari ini adalah: 

Menko PMK Muhadjir hadir bersama Sekretaris Kemenko PMK Andie Megantara dan Deputi 1 Bidang Bansos Nunung Nuryantoro. 

Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keternagan pada sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Sidang lanjutan tersebut beragendakan mendengarkan keterangan empat menteri yaitu Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkeu dan Mensos serta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). TRIBUNNEWS/KOMPAS TV
Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keternagan pada sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Sidang lanjutan tersebut beragendakan mendengarkan keterangan empat menteri yaitu Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkeu dan Mensos serta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). TRIBUNNEWS/KOMPAS TV (Kompas TV/)

Menko Perekonomian Airlangga hadir bersama Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Staf Ahli Kemenko Perekonomian Elen Setiadi. 

Menkeu Sri Mulyani hadir bersama Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dan Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata. 

Mensos Risma hadir bersama Plt. Sekjen Kemensos Robben Rico dan Stafsus Mensos Don Rozano Sigit Prakoeswa.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat