androidvodic.com

Siapa Buwas? Namanya Disebut Majelis Hakim dalam Sidang MK, Ternyata Eks Direktur Utama Perum Bulog - News

News - Nama Budi Waseso alias Buwas disebut-sebut dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Jumat (5/4/2024).

Lantas, siapakah Buwas, yang namanya disinggung Majelis Hakim dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang menghadirkan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini?

Buwas ternyata adalah mantan Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Ia diganti pada awal Desember 2023, di mana saat itu Indonesia sedang dilanda El Nino dan menjelang Pemilu 2024.

Sebelumnya, dalam sidang MK, Hakim Konstitusi, Arief Hidayat mempertanyakan soal latar belakang perpindahan posisi Buwas dari Direktur Utama Perum Bulog menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero).

Arief menilai, perpindahan posisi itu bisa saja berkaitan dengan cawe-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu 2024.

"Yang pertama kita mengenal lembaga ada Menteri Sosial, kemudian ada kaitannya dengan kepala Badan Pangan Nasional, kemudian ada kepala Bulog," kata Arief di ruang sidang Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (5/4/2024).

"Pada saat-saat kritis saya baca di media massa kepala Bulog Budi Waseso diganti, ada faktor apa ini yang melatarbelakangi?" sambungnya.

Sebagaimana diketahui, dalil permohonan dalam sidang sengketa pilpres ini salah satunya berkaitan dengan bantuan sosial (bansos) yang diungkapkan oleh pihak Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD selaku pemohon.

"Jadi di situ Kepala Badan Pangan Nasional Pak Arif Prasetyo, kemudian ada pergantian Kepala Bulog dan kaitannya dengan Kementerian Sosial, itu apa yang ada di balik itu?"

"Kita ingin mengerti karena ini termasuk bisa disebut juga dengan masalah yang tadi cawe-cawe," ujarnya.

Baca juga: Buwas Buka Suara Namanya Disinggung Majelis Hakim dalam Sidang MK

Sebagai informasi, bersamaan dengan sidang MK yang turut menyinggung nama eks Direktur Bulog itu, ternyata hari ini, Jumat, Buwas dikukuhkan oleh Presiden Jokowi sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Masa Bakti 2023-2028.

Pelantikan Buwas dan beberapa orang yang menjadi anggota Kwarnas tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 23M Tahun 2024 Tentang Pengukuhan Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pengurus Nasional Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti Tahun 2023-2028 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg.

Respons Buwas Tahu Namanya Disebut di Sidang MK

Sementara itu, Buwas buka suara mengenai namanya yang dipertanyakan hakim konstitusi karena dicopot sebagai Direktur Bulog.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat