androidvodic.com

Prabowo Tegas Minta Para Pendukungnya Tak Gelar Aksi Apapun Hari Ini di MK - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto menegaskan agar tak ada aksi apapun dilakukan oleh para pendukung pasangan Prabowo-Gibran di Mahkamah Konstitusi RI (MK) hari ini, Jumat (19/4/2024).

Prabowo meminta kepada para pendukung untuk bisa menjaga kerukunan antar masyarakat, meski dirinya menyadari tudingan Pilpres 2024 curang adalah tuduhan yang kejam.

Baca juga: MK Terima Total 33 Amicus Curiae Sengketa Pilpres Hingga Hari Ini

Kata Prabowo, dengan tidak menimpali tuduhan itu dengan aksi bukan berarti para pendukungnya tersebut lemah dan tak punya kemampuan.

"Hal ini tidak berarti bahwa kita lemah, tidak, justru orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan perasaannya," kata Prabowo dalam keterangannya via video yang diterima, Kamis (18/4/2024) malam.

Tak hanya itu, menurut Prabowo, pihak yang kuat justru merupakan orang-orang yang bisa menahan diri.

Karena itu, Menteri Pertahanan RI tersebut meminta agar seluruh pendukungnya menahan diri untuk tidak menggelar aksi apapun jelang putusan gugatan sengketa Pilpres.

"Pihak yang kuat adalah pihak yang bisa menahan diri, pihak yang kuat adalah pihak yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan atau pribadi," ujar dia.

Prabowo mengeluarkan statemen tersebut tepat beberapa jam setelah adanya kabar jika pendukung pasangan capres nomor urut 2 akan menggelar aksi damai.

Rencananya aksi damai itu akan digelar pada Jumat (19/4/2024), salah satunya di depan Gedung MK RI dan Kementerian BUMN yang dijadikan titik kumpul.

Prabowo mengakui, tudingan yang dilayangkan pihak lain terhadap perolehan suara dirinya bersama Gibran Rakabuming Raka sejatinya memang melukai para pendukung.

Baca juga: Daftar 23 Pengajuan Amicus Curiae PHPU Presiden: Terbanyak Sepanjang MK Tangani Sengketa Pilpres

Namun, dia tetap meminta agar suasana kondusif saat ini terjaga dengan tidak adanya aksi apapun dari para pendukung.

"Kita sadari bersama bahwa itu adalah tuduhan yang tidak mendasar. Dan kami dapat memahami bahwa pendukung Prabowo-Gibran, para pemilih Prabowo-Gibran sungguh amat terganggu dan memiliki reaksi yang cukup menyentuh hati terhadap tuduhan-tuduhan tersebut," tutur Prabowo.

Terlebih, dirinya meyakini kalau seruan untuk menggelar aksi merupakan ajakan yang provokatif.

Sehingga, Ketua Umum Partai Gerindra itu meminta kepada seluruh pendukungnya yang memberikan suara dalam Pilpres kemarin, harus waspada.

"Namun, kami meminta kepada pendukung pasangan Prabowo-Gibran, para pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya untuk selalu waspada, selalu hati-hati dan tidak terpancing, tidak dapat diprovokasi oleh siapapun, apalagi pihak-pihak yang menginginkan terjadi sesuatu yang menimbulkan suasana yang tidak sejuk dan suasana tidak tentram," ujar dia.

Terakhir, Prabowo berpesan agar seluruh pendukung pasangan Prabowo-Gibran untuk dapat menjaga demokrasi dengan menerapkan kerukunan antar rakyat.

Pasalnya, masyarakat yang rukun merupakan cita-cita seluruh pendiri bangsa dan para penerusnya.

"Berkali-kali saya ingatkan dengan kerukunan diantara kita dengan rasa persatuan dengan kearifan dengan kesejukan indonesia akan mencapai cita-cita bangsa," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat