androidvodic.com

Menko Perekonomian Akan Bahas Transisi Pemerintahan Secara Detail - News

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pihaknya akan membantu dan menyiapkan transisi ke pemerintahanan mendatang.

Pembahasan transisi akan dilakukan secara rinci.

"Ya tentu nanti kami akan bahas secara detail," kata Airlangga Hartarto di DPP Satkar Ulama, Jakarta, Selasa malam, (23/4/2024).

Airlangga Hartarto belum mau menjelaskan lebih lanjut apa saja yang akan disiapkan dalam transisi kepada pemerintahan Prabowo-Gibran nanti, termasuk Program-program kerja di dalamnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendukung masa transisi pemerintahan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Hal itu disampaikan Presiden merespon putusan MK yang menolak gugatan sengketa Pilpres dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Dan pemerintah mendukung proses transisi dari sekarang ke nanti pemerintahan baru," kata Jokowi di SMKN 1 Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, (23/4/2024).

Tidak hanya itu, Presiden mengatakan pemerintah akan mulai menyiapkan masa transisi hingga Prabowo-Gibran dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Oktober nanti.

"Akan kita siapkan karena sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh KPU besok ya," katanya.

Baca juga: Bursa Terbaru di Pilgub Jakarta 2024: 3 Menteri, Pembalap Senior hingga Anak Presiden 

Hal senada disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Ia mengatakan bahwa pemerintah segera menyiapkan transisi kepada Prabowo-Gibran.

"Pemerintah akan segera menyiapkan dan mendukung penuh proses transisi pemerintahan kepada presiden dan wakil presiden terpilih," kata Ari.

Pemerintah kata Ari berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh program kerja hingga akhir masa jabatan Oktober mendatang.

"Pemerintah tetap berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh program kerja pemerintah yang telah dicanangkan hingga akhir masa pemerintahan pada bulan Oktober 2024 nanti," tuturnya.

Baca juga: Prabowo-Gibran Bakal Pidato Usai Ditetapkan KPU Jadi Capres Cawapres Terpilih

Adapun, MK menolak gugatan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam sengketa PHPU Pilpres 2024. Terhadap gugatan keduanya, MK menyatakan menolak seluruhnya.

Dari dua gugatan ini, terdapat tiga hakim MK yang menyatakan dissenting opinion atau pendapat berbeda. Ketiga hakim MK itu adalah Saldi Isra, Enny Nurbainingsih, dan Arief Hidayat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat