androidvodic.com

Sri Mulyani Masuk Bursa Pilgub Jakarta, Stafsus Kemenkeu: Saat Ini Tak Ada Komunikasi dengan Parpol - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Nama Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati belakangan disebut-sebut masuk dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Staf Khusus Menteri Keuangan bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, sejauh ini belum ada komunikasi yang terjalin antara Menkeu Sri Mulyani dengan partai politik (parpol) manapun.

"Jadi kalau terkait rumor atau informasi yang menyebutkan Bu Sri Mulyani katanya masuk bursa bakal calon gubernur DKI atau DKJ, kami dapat sampaikan sejauh ini sama sekali tidak ada komunikasi antara Bu Sri Mulyani dengan parpol manapun," kata Prastowo kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Menurut Prastowo, Sri Mulyani tidak dalam kapasitas untuk turut serta mengomentari bahkan terlibat dalam diskusi-diskusi politik terlebih lagi menyoal bursa Pilgub DKI Jakarta. Sebab kata Prastowo, bendahara negara itu saat ini tengah fokus menyiapkan transisi antara pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Baca juga: Demokrat Beberkan Kriteria Cagub Jakarta, Nama Sri Mulyani Masuk Daftar Calon yang akan Diusung PDIP

"Dan memang Ibu (Sri Mulyani) tidak dalam kapasitas untuk mengomentari, membahas, atau terlibat dalam diskusi-diskusi itu. Jadi sekarang fokus saja menyiapkan transisi yang baik supaya transisi pemerintahan dari pak Jokowi ke Prabowo berjalan dengan smooth," tutur Prastowo.

Di sisi lain, Prastowo juga menyatakan bahwa fokus Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini memang transisi antar pemerintah. Dia juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada pembicaraan di internalnya mengenai bursa Pilgub DKI Jakarta.

"Kemenkeu tetap bisa dikelola dengan baik, itu kita fokus di sana. Jadi sama sekali belum ada pembicaraan langsung dan tidak langsung," ungkapnya.

"Tapi kita menghormati apapun aspirasi diskusi yang berkembang di masyarakat itu biar agar jadi bumbu-bumbu demokrasi saja. Menjadi bagian dari diskusi publik," imbuhnya menegaskan.

Sebelumnya mengutip Kompas.com, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak mengatakan, selain Sri Mulyani, ada sejumlah figur Tanah Air yang sudah masuk dalam penjaringan untuk pertimbangkan diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Mereka adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, dan Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta Adi Wijaya.

"Akan tetapi keputusan ada di tangan DPP PDIP sehingga kami belum bisa memastikan siapa yang kemungkinan akan jadi calon," ujar Gilbert dalam keterangan videonya kepada Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat