androidvodic.com

Pilkada Jakarta 2024, Pengamat Bicara Peluang Anies Baswedan Berduet dengan Sudirman Said - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Mantan co-captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Sudirman Said memberi isyarat akan mau maju sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta, pada Pilkada Serentak 2024.

Di mana, Sudirman Said sebelumnya telah berkonsultasi dengan KPUD Jakarta untuk maju melalui jalur independen.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai, Sudirman Said menjadi salah satu kandidat yang berpotensi menjadi calon gubernur Jakarta.

Menurut Ujang, melihat rekam jejak Sudirman Said yang merupakan salah satu tokoh nasional, sangat pantas jika menjadi salah satu kandidat orang nomor satu di Jakarta.

“Apakah soal pantas atau tidak, ya dia (Sudirman) pantas. Lagian tokoh nasional ya, ya pantas-pantas saja,” kata Ujang, Senin (13/5/2024).

Selain tokoh nasional, dia menyebut, karakter mantan Menteri ESDM ini menjadi pertimbangan melihat permasalahan Jakarta yang beragam.

“Iya sosok yang berani, mampu, punya kemampuan, punya keahlian, terus yang berintegritas, memiliki leadership yang kuat, tentu tadi amanah, sosok seperti itulah,” jelas Ujang.

“Karena jakarta ini punya persoalan yang kompleks, harus diselesaikan dengan background yang tadi," sambungnya.

Selain itu, Ujang pun menyebut, bahwa Sudirman Said juga bisa maju sebagai calon wakil gubernur Jakarta, untuk mendampingi Anies Baswedan yang dikabarkan akan maju kembali di Pilkada.

"Cocok-cocok saja jadi wakil gubernur, kan dia pernah jadi menteri. Persoalannya harus tahu dulu dianya, kalo soal bisa sih bisa saja," katanya.

Sementara, Pengamat politik Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti menyebut Sudirman Said bisa saja diusung oleh NasDem maupun PKS.

Namun, hal itu jika nantinya Anies Baswedan tak ikut kompetisi Pilkada Jakarta.

"Peluang Sudirman Said terbuka jika Anies menyatakan tidak ikut dalam Pilkada DKI," jelas Ray.

Diketahui, sejumlah nama tokoh yang dekat dengan Anies Baswedan seperti Sudirman Said, Tom Lembong, Mardani Ali Sera bahkan hingga Hendri Satrio digadang-gadang maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat