androidvodic.com

Pilkada Jatim 2024, Duet Risma-Baidowi Dinilai Bisa Menjadi Penantang Ketat Khofifah - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Konstelasi politik pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sudah semakin menghangat. Di mana, sejumlah tokoh mulai muncul dan masuk ke dalam bursa kepala daerah.

Salah satunya, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi pun dinilai layak maju pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) 2024.

Bahkan, pria yang akrab disapa Awiek ini layak diduetkan dengan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

"Keduanya, menurut saya, pasangan yang cocok bahkan bisa menjadi pesaing ketat Khofifah pada Pilgub Jatim 2024 mendatang," kata pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Usni Hasanudin di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Menurut dia, Awiek memiliki kekuatan di Madura. Hal ini tecermin dari perolehan suaranya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 dan 2019.

"Awiek juga representasi tokoh muda. Nah, ini bisa melengkapi ceruk pemilih Risma jika keduanya nanti dipasangkan," jelasnya.

Sementara itu, Usni mengatakan, Risma memiliki kekuatan di kelompok wong cilik sebagai representasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Apalagi, ia juga pernah menjabat Wali Kota Surabaya.

"Artinya, pasangan Risma dan Awiek memiliki kekuatan karena masing-masing mewakili ceruk pemilih yang berbeda. PPP dan PDIP juga demikian, keduanya akan merepresentasikan golongan nasionalis dan agamis," jelas Usni.

Usni pun menambahkan, PDIP dan PPP memiliki hubungan yang baik. Keduanya bahkan berkoalisi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Duet Risma dan Awiek bisa menjadi titik temu PDIP dan PPP, terutama pada Pilgub Jatim mendatang," kata Usni.

Baca juga: Demokrat Sebut Golkar-PAN Sepakat Emil Dardak Kembali Jadi Pendamping Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Diketahui, mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah memberi sinyal akan kembali maju di Pilkada Jatim 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat