androidvodic.com

Demokrat Bersyukur Golkar Restui Pasangan Khofifah-Emil Maju Pilkada Jatim - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra 

News, JAKARTA - Partai Demokrat menyatakan rasa syukur karena dukungan Partai Golkar untuk Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak maju kembali di Pilkada Jawa Timur 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pihaknya bersyukur salah satu kadernya, Emil Dardak dipercaya kembali mengemban amanah di Jawa Timur.

"Ya kami bersyukur Pak Airlangga Golkar akhirnya juga memberikan restu dan dukungan kepada bu Khofifah dan mas Emil Dardak untuk kembali berlaga di Pilkada 2024," kata Herzaky kepada Tribunnews, Jumat (17/5/2024) malam.

Pasalnya kata Herzaky, kedua sosok tersebut sejatinya memang sudah memiliki pembuktian dan rekam jejak yang baik saat menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode lalu.

Menurut dia, Khofifah-Emil tidak hanya memiliki rekam jejak yang baik, tapi juga politik elektoral.

"Karena bagaimana pun keduanya sudah membuktikan berhasil secara politik elektoral maupun telah membuktikan jejak rekamnya kinerjanya dan bisa diterima dengan baik oleh semua kalangan," ujar dia.

Soal pertemuan Khofifah-Emil dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto malam tadi, Herzaky menyebut, Emil selaku Ketua DPD Demokrat Jawa Timur sudah melakukan komunikasi terlebih dahulu ke Demokrat.

Pasalnya kata dia, di Demokrat seluruh kader harus sejalan dengan perintah dan arahan dari Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ya tentu berkomunikasi dengan kami karena bagaimana pun kan beliau itu kader kami sekaligus ketua Demokrat di Jawa Timur, ketua DPD tepatnya, setiap langkah ya diambil mas Emil itu pasti sudah dikonfirmasi kan dengan DPP," tukas dia.

Sebelumnya, Partai Golkar resmi mengusung bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) petahana, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Baca juga: Respons Khofifah Soal Kiai Marzuki yang Disebut Sebut akan Jadi Calon Rival Kuat

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (17/5/2024).

Surat rekomendasi itu diberikan langsung kepada Khofifah dan Emil Dardak. Acara itu juga dihadiri oleh Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar.

"Kita sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Ibu Khofifah dan Mas Emil sebagai calon gubernur Jawa Timur dan wakil gubernur," kata Airlangga.

Menko Perekonomian RI menyampaikan bahwa nantinya pasangan Khofifah-Emil akan diusung oleh koalisi Indonesia maju. Yakni, partai Golkar, PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Ia menuturkan bahwa koalisi keempat parpol itu memiliki suara di Jawa Timur sebesar 52 persen. Dengan begitu, Khofifah-Emil sudah bisa melaju sebagai pasangan petahana. 

"Kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia maju yang seluruhnya punya calon yang sama. Jadi kalau kita lihat di Jawa Timur koalisi Indonesia maju ini punya 52 persen. Jadi cukup, tapi kalau yang lain mau ikut boleh," ungkapnya.

Lebih lanjut, Airlangga menegaskan Khofifah-Emil diklaim sudah berhasil membangun Jawa Timur selama 5 tahun terakhir. Keduanya pun diminta melanjutkan untuk membenahi kemiskinan di daerah tersebut.

"Kita tidak ingin pasangan yang sangat bekerja sama baik memajukan Jawa Timur menurunkan kemiskinan ekstrim penanganan khusus yang baik jadi proven leadership untuk di Jawa Timur akan terus," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat