androidvodic.com

5 Bakal Calon Bupati SBT dari PKB Ikut Uji Kelayakan & Kepatutan, Salah Satunya Mahyudin Rumata - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Mahyudin Rumata memenuhi undangan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Kepala Daerah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2024).

Mahyudin bersama calon kepala daerah dari Seram Bagian Timur (SBT) lainnya memaparkan materi tentang visi dan misi, potensi dukungan partai politik selain PKB dan strategi pemenangan dalam Pilkada 2024.

Baca juga: Ganjar Ungkap Poin Arahan Tertutup Megawati di Rakernas PDIP, Ada soal Kesiapan Pilkada 2024

Mahyudin mengungkapkan, kehadirannya memenuhi undangan UKK PKB ini sebagai bentuk keseriusan untuk menakhodai daerah SBT.

"Saya sebagai anak muda dan putra Seram Bagian Timur (SBT) ikut terpanggil untuk berkompetisi maju sebagai bakal calon bupati. Insya Allah saya optimis PKB bersama saya," kata Mahyudin Rumata.

Mantan Ketua PB HMI ini menegaskan dukungan PKB sangat penting.

Pasalnya PKB merupakan partai dengan kursi terbanyak dengan total tiga kursi di DPRD Kabupaten SBT.

Selain PKB, pria yang akrab disapa Yudi ini mengaku sudah berkomunikasi dengan partai lain yang memiliki kursi DPRD terkait pencalonan dirinya tersebut.

"Diluar PKB sudah terbangun komunikasi dengan beberapa partai dan Insya Allah dalam waktu dekat akan dirampungkan," ucapnya.

Baca juga: KPU RI Tak Pungkiri Pilkada Jakarta Serasa Pilpres

Sementara itu, Wakil Ketua DPW PKB Provinsi Maluku (Kordinator Daerah SBT) Abdul Manan yang mendampingi para calon bupati dari SBT menyampaikan bahwa UKK untuk zona Maluku telah dilakukan selama dua hari dan berjalan lancar.

Untuk Kabupaten SBT, ada 7 calon Bupati yang mengembalikan formulir dan baru 6 orang yang mengikuti UKK termasuk salah satunya Mahyudin Rumata.

Menurutnya, UKK merupakan satu di antara proses yang harus dilalui para calon bupati setelah melakukan pendaftaran dan mengembalikan formulir di DPC PKB, sebelum keluarnya rekomendasi.

Setelah hiruk pikuk Pilpres 2024 usai, kini partai-partai politik tengah bersiap untuk gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang.
Setelah hiruk pikuk Pilpres 2024 usai, kini partai-partai politik tengah bersiap untuk gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang. (Tribunnews)

"Proses selanjutnya setelah selesi UKK, maka nanti DPP menentukan tim survei. Setelah survei baru tahap rekomendasi," ujarnya.

Abdul Manan menjelaskan para calon bupati yang telah mengikuti UKK tersebut ditugaskan untuk melobi partai lain selain PKB.

Sehingga memenuhi peryaratan pencalonan yaitu minimal 5 kursi DPRD di Kabupaten SBT.

"Di Kabupaten SBT ini ada total 25 kursi DPRD. Satu calon minimal memiliki dukungan 5 kursi DPRD. PKB di SBT memiliki 3 kursi DPRD, sehigga masih kekurangan dua kursi lagi. Maka dikembalikan ke kandidat untuk mencari dukungan partai lain selain PKB," kata dia.

Baca juga: Anies Bisa Kembali Menangi Pilkada Jakarta, Tapi Tergantung Siapa Parpol Pengusungnya

Selain itu, Abdul Manan mengapresiasi keberanian Mahyudin Rumata yang maju di Pilkada Kabupaten SBT 2024 melalui PKB.

Sebab, sebagai anak muda Mahyudin berani bersaing dengan para calon lain yang merupakan wakil bupati dan keluarga bupati.

"Mahyudin ini anak muda yang punya potensi luar biasa. Keberanian dia bersaing dengan wakil bupati, dengan calon lain itu yang patut kita apresiasi. Kepercayaan dirinya sangat tinggi tentu ini modal yang bagus bagi anak muda untuk berkompetisi," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat