androidvodic.com

Tahapan Pemilu 2024 Tuntas, Golkar Pastikan Raih 18 Persen Kursi DPR RI - News

Laporan Wartawan News Wahyu Aji

News, JAKARTA - Partai Golkar memastikan meraih 18 persen kursi DPR RI setelah mengamankan 102 kursi di Pemilu 2024.

Kepastian perolehan 18 persen wakil rakyat di parlemen ini setelah seluruh tahapan Pemilu 2024 tuntas pada Kamis (6/6/2024) dengan selesainya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung menuturkan, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto berhasil membawa partai berlambang pohon beringin menguasai 102 kursi DPR RI.

"Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Ketum Airlangga, Golkar menguasai 18 persen atau mendapatkan 102 kursi DPR dari seluruh kursi yang diperebutkan. Angka ini fantastis karena perolehan kursi Golkar naik 17 kursi dibandingkan Pemilu 2019," kata Doli dihubungi wartawan, Minggu (9/6/2024).

Doli mengatakan, melejitnya perolehan kursi DPR RI dari partai berlambang pohon beringin di angka 102 dilengkapi dengan kemenangan dua putra-putri terbaik Partai Golkar di sidang gugatan PHPU MK.

Baca juga: Gerindra Sebut Golkar Sejak Dulu Simpan Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta, Belakangan Ada Evaluasi

Dua kader yang berhasil memantabkan jumlah perolehan kursi Golkar yakni caleg dari daerah pemilihan Jawa Barat I Nurul Arifin dan caleg dapil Papua Tengah Soedeson Tandra.

Keduanya memastikan diri melenggang ke Senayan setelah berhasil memenangkan sengketa di dapilnya masing-masing.

"Dua kader, Ibu Nurul dan Soedeson Tandra menjadi kader yang gigih memperjuangkan kemenangan Golkar di PHPU MK. Keduanya putra-putri terbaik Partai Golkar yang telah melengkapi jumlah perolehan kursi DPR RI menjadi 102," ujar Doli.

Plt Ketua DPD Golkar Papua ini menyebut perolehan kursi Golkar di DPR RI ini menunjukkan masyarakat menerima dan menyetujui sikap serta kebijakan Partai Golkar selama Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia menegaskan, di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar konsisten mengamankan kebijakan strategis Presiden Joko Widodo dan berkomitmen menjaga keberlanjutan dengan mendukung penuh Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain berhasil menguasai 18 persen kursi DPR RI, Golkar juga merajai perolehan kursi di tingkat DPRD provinsi.

Golkar menjadi partai terbanyak yang mendapatkan kursi DPRD Provinsi, naik 50 kursi menjadi 359 kursi dari sebelumnya hanya 309 di Pemilu 2019.

Partai beringin juga mendominasi perolehan pimpinan DPRD tingkat provinsi di seluruh Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat