androidvodic.com

Wacana Duet dengan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024, Begini Jawaban Anies Baswedan - News

News, JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan mengatakan setiap warga negara memilliki hak yang sama untuk dipilih dan memilih.

Keterangan tersebut disampaikan Anies ketika ditanya terkait wacana dirinya yang akan dipasangkan dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024.

Anies mengatakan menunggu sampai partai-partai berkoalisi, baru kemudian menetapkan calon pasangannya nanti.

Baca juga: Anies Potensial Kalah Jika Berpasangan dengan Kaesang di Pilgub Jakarta, Ini Analisa Pengamat

"Sebenarnya secara prinsip, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk dipilih untuk memilih. Dan fase ini adalah proses partai-partai menetapkan siapa yang dicalonkan," ujar Anies ketika dijumpai di kantor DPW PKB DKI Jakarta, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

"Nah, dari situ, kemudian nanti akan dicari untuk membangun kombinasi pasangan. Jadi yang bisa saya katakan, secara prinsip, semua orang punya kesetaraan kesempatan," kata dia.

Ketika ditanya terkait apakah ia mau berduet dengan Kaesang di Pilkada 2024, Anies mengaku masih ingin fokus pada partai lain yang berpeluang berkoalisi dengan partai pengusungnya, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Sekarang ini kita memikirkan agar bagaimana PKB tidak sendirian tetapi bisa sama-sama dengan partai lain karena tidak bisa mengusung sendirian kan. Jadi urutannya itu dulu. Setelah urutannya itu dapat, baru kita bicara tentang pasangan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, DPW PKB DKI Jakarta membuka pintu selebar-lebarnya kepada Kaesang Pangarep untuk mendampingi Anies Baswedan di kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

"Kami terbuka dengan siapa pun (sebagai calon wakil gubernur, termasuk dengan Mas Kaesang yang katanya di media mau menjadi wakil Pak Anies," ujar Ketua DPW PKB DKI Hasbiallah Ilyas, Rabu (12/6/2024).

Ia mengungkapkan, pihaknya bahkan telah menjalin komunikasi dengan PSI. Komunikasi ini dijalin dengan tujuan baik, siapa tahu Kaesang berkehendak menjadi pendamping Anies.

Baca juga: Sandiaga Uno Siap Kembali Berduet Dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

"Kami bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI. Kami juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapa pun kami terbuka intinya," tutur dia.

Respons Kaesang

Kaesang Pangarep buka suara soal peluang duet dengan Anies Baswedan di Pilkada atau Pilgub DKI Jakarta 2024.

Kaesang menegaskan, PSI di tingkat Jakarta masih dalam proses komunikasi dengan PKB terkait wacana duet dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Meski demikian, Kaesang mengaku siap jika dirinya dipasangkan dengan Anies nantinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat