androidvodic.com

Gerindra Bidik Kemenangan di Jawa Barat Jika Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jakarta - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra 

News, JAKARTA - DPP Partai Gerindra menyatakan, akan menunggu kepastian Partai Golkar dalam mengusung Ridwan Kamil maju di Pilkada 2024. 

Ridwan Kamil mendapat dua surat rekomendasi dari Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta dan Pilkada Jawa Barat.

Baca juga: Wacana Koalisi Papol di Pilkada Jakarta 2024, KIM Usung Ridwan Kamil, PKB-PKS-PDIP Pilih Anies?

Namun, hingga hari ini, Ridwan Kamil belum juga memastikan akan maju dimana, meski Golkar menyatakan mantan Wali Kota Bandung itu memiliki kans lebih besar menang di Jawa Barat.

"Misalnya kita bicara soal pak RK tentu satu sisi beliau adalah kader partai di Golkar, dan beliau sendiri tentu harus dicek dipertanyakan kesediaannya maju kemana. Apakah ke Jakarta atau kah ke Jabar. Begitu juga partai Golkar seperti apa keputusannya," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, saat ditemui awak media, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Habiburokhman menyebut, meski Gerindra bersiap untuk mendukung Ridwan Kamil jika benar maju di Pilkada Jakarta, namun, pihaknya kata dia, tidak akan memaksa keputusan dari Partai Golkar.

Baca juga: Golkar Sebut Elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta Kalah dari Anies dan Ahok

Pasalnya kata dia, Golkar saat ini memiliki hak untuk mendorong kadernya sendiri di daerah manapun termasuk di Jawa Barat dan Jakarta, meski harus mencari kawan koalisi.

"Karena yang seperti ini kan ga bisa dipaksa, ya. Kita dasarnya adalah apa hubungan baik antar partai, antar organisasi, antara tokoh-tokoh tersebut, ya, kalau memang berkenan maju di Jakarta kita suport, partai Gerindra begitu. Karena muncul nama beliau di Jakarta ya," ujar dia.

Perihal siapa yang akan maju di Pilkada Jawa Barat jika Ridwan Kamil berada di Jakarta, kata dia, sosok tersebut bisa disiapkan.

Diketahui, Gerindra digadang sedang mempersiapkan politikusnya yakni Dedi Mulyadi untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

Hanya saja, dalam kesempatan ini, Habiburokhman tidak membeberkan secara detail siapa sosok yang akan didorong oleh pihaknya di Jawa Barat jika Ridwan Kamil maju di Jakarta.

"Kalau mereka (Golkar) mau (Ridwan Kamil) di Jawa Barat ya pasti diputuskan di Jawa Barat oleh mereka. Tapi kami pingin sebaiknya di Jawa Barat kita menang, di Jakarta kita menang," kata dia.

Baca juga: Golkar Akui Butuh Waktu Lebih untuk Putuskan Usung Ridwan Kamil atau Tidak di Pilkada Jakarta

"Pasti kan cari sosok-sosok yang kalau untuk memenangi pertarungan itu elektabilitasnya saat ini sudah cukup terukur. Jadi itulah intinya," tukas Habiburokhman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat