androidvodic.com

Airlangga Hartarto Sebut Jokowi Punya Pengaruh Dalam Pilkada Serentak 2024 - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Litbang Kompas merilis survei mengenai pengaruh Presiden Jokowi dalam Pilkada Serentak 2024. Hasilnya, 54,3 persen masyarakat mempertimbangkan calon yang memiliki hubungan dengan Jokowi.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengakui Jokowi memiliki pengaruh dalam Pilkada Serentak 2024. Apalagi, Jokowi merupakan seorang presiden RI.

Baca juga: Ridwan Kamil Diminta Tak Maju di Pilkada Jakarta, Jokowi Batu Sandungan

"Ya semua pemimpin punya pengaruh, apalagi presiden," kata Airlangga saat ditemui dalam peringatan HUT dan peluncuran buku otografi Theo L. Sambuaga di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Namun, kata Airlangga, pengaruh Presiden Jokowi bukanlah faktor tunggal. Ia mengatakan, ada pengaruh lain yang perlu dipertimbangkan karena pelaksanaan Pilkada melibatkan 514 Kabupaten atau Kota.

Baca juga: Anies Dianggap Turun Level Jika Maju di Pilkada Jakarta, JK: Pilihan Masing-masing

"Tentu pemerintah selalu punya pengaruh karena tentu pemerintah kan kita berharap infrastruktur selalu disiapkan oleh pemerintah, apakah anggaran pemilu oleh pemerintah, apakah keamanan dan yang lain," pungkasnya.

Adapun survei Litbang Kompas dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Adapun survei itu dengan tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat