androidvodic.com

Berbekal 2 Periode Pimpin Kota Sorong, Lamberthus Jitmau Optimistis Maju Pilkada Papua Barat Daya - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA- Mantan Wali Kota Sorong Lamberthus Jitmau mengungkapkan niatnya maju bersama Pahimah Iskandar di Pilkada Papua Barat Daya.

Politikus Partai Golkar berusia 61 itu ingin membangun provinsi baru tersebut bersama Pahimah.

"Saya ingin jadikan Papua Barat Daya lebih maju dan sejahtera masyarakatnya," kata Lambert dalam keterangannya, Minggu (23/6/2024).

Baca juga: Pilkada 2024, PDIP Maluku & Papua Barat Daya Serukan Tangan-tangan Kekuasaan Pusat Jangan Intervensi

Selain itu, Lambert bicara bagaimana dirinya sebagai tokoh penting di balik terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya

Sebagai ketua tim Indonesia, Lambert merasakan pemekaran provinsi ke-38 di kebanggaan besar saat RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya disetujui oleh DPR pada Juli 2022.

"Alhamdulillah, puji Tuhan, Provinsi Papua Barat Daya ditetapkan menjadi RUU yang tinggal sesaat lagi akan dibahas dan ditetapkan menjadi UU penuh," ujarnya.

UU tersebut, dikatakan dia, merupakan perjuangan panjang masyarakat Papua Barat selama 20 tahun untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan dengan daerah lain di Indonesia.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung usulan Provinsi Papua Barat Daya, terutama kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Terima kasih Pak Presiden Jokowi. Karyamu, perbuatanmu menjadi kenangan indah bagi kami di tanah Papua, khususnya di Sorong Raya. Papua maju, NKRI maju!" tegas Lambert.

Lambert diketahui menempuh pendidikan dasar di SD YPK Jitmau, hingga SMA Negeri 415 di Manokwari sebelum melanjutkan studi di STIE Indonesia Surabaya dan meraih gelar magister di Universitas Persada Indonesia.

Baca juga: Pelantikan Pejabat di Papua Barat Daya Tertunda, Dikhawatirkan Berdampak pada Penyerapan Anggaran

 Sebelum terjun ke dunia politik, ia berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Sorong.

Selama masa jabatannya, Lambert meraih berbagai penghargaan, termasuk Universitas Terbuka (UT) Awards pada tahun 2016 dan piagam penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 dari | Menteri Keuangan.

Dalam kancah politik, Lambert merupakan kader Partai Golkar dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat Daya. sebelumnya dia menjabat Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat