androidvodic.com

Resmi Usung Anies-Sohibul Iman di Jakarta, Presiden PKS Sebut Surya Paloh Sudah Bei Sinyal Positif - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung pasangan calon (paslon) Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Tak hanya PKS, NasDem disebut sudah memberikan sinyal positif atas duet ini.

Diketahui, Anies Baswedan merupakan bakal Cagub Jakarta petahana dan Mohamad Sohibul Iman adalah Wakil Ketua Majelis Syura PKS.  

Hal tersebut disampaikan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu dalam acara Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPP PKS sebagai pembekalan kepada seluruh Calon Anggota Dewan Terpilih DPR RI dan DPRD Provinsi se-Indonesia di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

"PKS menyadari tidak bisa sendirian mengusung calon di pilkada karena jumlah kursi kami yang dimiliki belum memenuhi suarat untuk mencalonkan sendiri baru 18, syarat pencalonan 22 kursi. Jadi, masih kurang 4 kursi lagi," kata Syaikhu.

Menurut Syaikhu, pengurus DPP NasDem sudah memberikan respons positif dengan usulan duet AMAN. Dia menyampaikan Ketum NasDem, Surya Paloh sudah memberikan sinyal positif atas usulan ini.

"Saya terus membangun komunikasi politik dengan Partai NasDem khusunya saya sengaja bersilaturahim dengan Pak Surya Paloh. Alhamdulillah diterima dengan penuh kehangatan dan dapat sinyal positif untuk memangnun kerjasama di Pilkada DKI Jakarta," ungkapnya.

Baca juga: Elite PDIP Sebut Puan dan Hasto Sudah Berikan Lampu Hijau Usung Anies Baswdan Jadi Cagub Jakarta

Lebih lanjut, Syaikhu menyebut pihaknya pun sedang berupaya untuk berkomunikasi dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menawarkan duet AMAN ini. Namun, Cak Imin sedang dalam perjalanan pulang ibadah haji.

"Insyaallah dalam beberapa waktu kedepan juga tadi saya berusaha untuk komunikasi dengan PKB dengan Cak Imin tapi beliau sedang di pesawat sehingga insyallah ini akan kita akan lakukan setelah ini kita akan berkomunikasi bersilaturahim dengan PKB juga mudah mudahan bisa kira bersatu dalam mengusung kepemimpinan di DKI Jakarta ini," jelasmua.

"Insyaallah kami optimis sosok bapak Anies Rasyid Baswidan dan bapak Mohamad Sohibul Iman adalah kandidat yang memiliki peluang besar untuk menang," tutupnya.

Sebelumnya, Ahmad Syaikhu selaku Presiden PKS telah mengumumkan sosok yang akan didukungnya pada Pilkada Jakarta 2024. Nama tersebut tidak lain Gubernur Jakarta petahana, Anies Baswedan dan kadernya yakni Sohibul Iman.

Pengumuman itu disampaikan Syaikhu saat memberikan sambutan acara Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPP PKS sebagai pembekalan kepada seluruh Calon Anggota Dewan Terpilih DPR RI dan DPRD Provinsi se-Indonesia di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Baca juga: PKB Yakin Berkoalisi dengan PDIP di Pilkada Jatim Akan Jadi Kekuatan Tandingi Duet Khofifah-Emil

Syaikhu menjelaskan, keputusan itu diambil setelah mempertombangkan usulan dari DPW PKS Jakarta. Selain itu, mereka juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh, ulama, habib, tokoh tokoh lintas agama yang datang ke DPP PKS.

"Maka dewan pimpinan pusat (DPTP) PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024, telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Mohammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur. Siap berjuang memenangkannya? Allahuakbar, merdeka," ucap Syaikhu.

Ia pun juga sempat mengungkap singkatan yang pas untuk duet Anies dan Sohibul Iman. Singkatan itu tidak lain adalah AMAN.

"Kami meyakini pasangan Anies-Sohibul Iman, ada yang sudah mereka-reka juga singkatannya. AMAN katanya. Nanti terserah lah apa namanya. Yang memiliki kualifikasi yang mumpuni, serasi dan bisa saling melengkapi untuk memimpin DKI Jakarta," ungkapnya.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman (tengah) saat jumpa pers usai Rapimnas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022).
Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman (tengah) saat jumpa pers usai Rapimnas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022). (News/Rizki Sandi Saputra)

Baca juga: Surya Paloh Tegaskan NasDem Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara 2024

Syaikhu juga mengungkap alasan mendukung pasangan AMAN. Ia menjelaskan pasangan ini dianggap saling melengkapi satu sama lainnya untuk bisa memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

"Bapak Anies Rasyid Baswedan sukses menjadi gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dengan berbagai torehan prestasi di berbagai sektor pembangunan. Berhasil memajukkan kota dan membahagiakan warganya," jelasnya.

"Sementara bapak Sohibul Iman seorang teknokrat juga cendikiawan yang pernah menjadi rektor univesitas paramadina. Berpengalaman di legislatif sebagai wakil Ketua DPR RI 2013-2014, serta pernah menjadi presiden PKS periode 2015-2020," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat